Ternyata Ada Fintech (P2P) Lending Syariah, Yuk Simak Manfaatnya

Advenia Elisabeth ยท Sabtu, 11 September 2021 - 09:15:00 WIB
Ternyata Ada Fintech (P2P) Lending Syariah, Yuk Simak Manfaatnya
Ilustrasi Financial technology. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id – Pertumbuhan financial technology peer-to-peer (Fintech P2P) lending di Indonesia semakin berkembang. Namun belum banyak masyarakat yang tahu bahwa dalam daftar fintech P2P lending di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ada yang menggunakan prinsip syariah.

Dilansir dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan @ojkindonesia, fintech peer to peer (P2P) lending syariah merupakan layanan jasa keuangan berdasarkan prinsip syariah yang mempertemukan atau menghubungkan pemberi dana dengan penerima dana dalam rangka melakukan akad pembiayaan dalam mata uang rupiah secara langsung melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet.

Adapun manfaat layanan fintech P2P lending syariah bagi lender atau pemberi dana, yaitu memberikan alternatif portofolio investasi berbasis syariah dan berkontribusi syariah dan berkontribusi memajukan UMKM yang didanai fintech P2P lending syariah.

Sementara, bagi borrower atau penerima dana, yaitu memberikan alternative sumber permodalan yang cepat dengan imbal hasil kompetitif dan persyaratan yang lebih sederhana berbasis online.

Kemudian, fintech P2P lending syariah juga menerapkan akad atau perjanjian yang disepakati oleh pemberi maupun penerima pinjaman. Selain itu, dalam fintech ini akad yang digunakan harus memenuhi keadilan (‘adl), kemaslahatan (maslahah), universal (alamiyah), keseimbangan (tawazun), serta tidak mengandung objek yang diharamkan, unsur riba, dan melanggar prinsip syariah.

Hal penting lainnya, fintech P2P lending syariah telah mendapatkan fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) Nomor 117/DSN-MUI/II/2018. 

Bagi Anda yang ingin menggunakan layanan jasa keuangan ini, pastikan menggunakan fintech P2P lending syariah yang terdaftar dan berizin OJK. Untuk mengetahui daftarnya, Anda dapat mengunjungi laman resmi OJK bit.ly/daftarfintechlendingOJK atau mengubungi pada layanan konsumen OJK di nomor telepon 157.    

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: