2020, Menteri Edhy Prabowo Harap Serapan KUR Nelayan Naik 2 Kali Lipat

Ilma De Sabrini ยท Selasa, 12 November 2019 - 17:01 WIB
2020, Menteri Edhy Prabowo Harap Serapan KUR Nelayan Naik 2 Kali Lipat

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah memutuskan untuk menurunkan suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi 6 persen yang sebelumnya 7 persen. Penyesuaian yang berlaku pada 2020 ini guna mendukung pengembangan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Menindaklanjuti keputusan tersebut, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo menargetkan, penyerapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) nelayan dan pengolahan perikanan bisa meningkat. Dia menegaskan kenaikan penyerapan KUR dapat naik dua kali lipat, karena adanya penambahan plafon.

"Sektor kami, nelayan, aksesnya akan lebih banyak. Pembinaan kami akan rancang jadi para pelaku usaha di sektor ini yang perlu dan butuh akan lebih mudah diakses. Penyerapan kami targetkan bisa dua kali lipat dari saat ini," kata Edhy Prabowo di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa (12/11/2019).

Politikus Partai Gerindra itu juga membenarkan adanya sejumlah kendala yang bakal dihadapi untuk mencapai target tersebut. Di antaranya adalah pengetahuan para nelayan terkait KUR masih kurang. Meskipun demikian, dia optimistis sektornya dapat mencapai target.

Salah satu upaya mewujudkan target tersebut adalah dengan menyederhanakan birokrasi dan perizinan. Dengan demikian diharapkan  perikanan dapat lebih mudah memberikan akses pendanaan kepada para nelayan.

"Kendala memang ada selain pengetahuan nelayan juga adanya anggapan sektor ini masih sulit dijangkau. Makanya kami mau sederhanakan proses perizinan. Kalau ini sudah kondusif, perbankan bisa masuk,"  ujarnya.

Edhy berharap KKP dapat menggenjot penyerapan KUR di sektor perikanan, sehingga dapat menyumbang untuk memperbaiki neraca perdagangan. 


Editor : Ranto Rajagukguk