Ada Ancaman Kekeringan, Menko Darmin Tetap Optimistis Inflasi Terjaga Sampai Akhir Tahun

Rully Ramli ยท Rabu, 02 Oktober 2019 - 20:31 WIB
Ada Ancaman Kekeringan, Menko Darmin Tetap Optimistis Inflasi Terjaga Sampai Akhir Tahun

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah optimistis pergerakan indeks harga konsumen (IHK) akan tetap terkendali sampai dengan akhir tahun ini. Inflasi diyakini berada di bawah target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 yaitu sebesar 3,5 persen.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memproyeksikan, inflasi berada di level 3,4 persen sampai dengan akhir tahun. Proyeksi ini disampaikan usai melihat realisasi inflasi sampai dengan September 2019.

"Saya kira hingga akhir tahun inflasi akan dibawah 3,5 persen, barangkali di 3,4 persen. Sekarang kan 3,3 persen secara tahunan," ujarnya di Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) secara tahunan inflasi pada September 2019 sebesar 3,39 persen. Untuk inflasi tahun kalender 2019 (Januari-September) adalah sebesar 2,20 persen.

Mantan Gubernur Bank Indonesia itu juga memastikan, pemerintah sudah mengantisipasi pergerakan harga secara signifikan melalui pasokan barang yang mencukupi. Salah satu contoh komoditas yang dipastikan pasokannya adalah beras.

Kekeringan yang terjadi di sejumlah daerah diakui menjadi perhatian pemerintah, lantaran membuat banyak petani mengalami gagal panen. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada pasokan, yang bisa membuat tidak terpenuhinya permintaan sehingga mendorong laju inflasi meningkat. 

Meski demikian, Mantan Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan itu menyebutkan, gagal panen karena kemarau tidak terjadi secara merata di seluruh Indonesia. Menurutnya, masih ada wilayah penghasil beras yang tidak mengalami kekeringan dan hasil panen yang optimal.

"Walaupun ada yang bilang hati-hati mengenai beras, karena ini kemarau, iya memang, tapi walaupun kemarau namun tidak sangat kering. Lahan-lahan yang ada irigasinya tetap saja berproduksi. Jadi enggak usah takut," ucapnya.


Editor : Ranto Rajagukguk