Ada Pemilu, Menko Darmin: Konsumsi Rumah Tangga Kuartal I Naik

Rully Ramli ยท Rabu, 24 April 2019 - 14:20 WIB
Ada Pemilu, Menko Darmin: Konsumsi Rumah Tangga Kuartal I Naik

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Badan Pusat Statistik (BPS) dalam waktu dekat mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2019. Di saat yang sama, BPS juga akan mengumumkan angka konsumsi rumah tangga selama tiga bulan awal 2019.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, konsumsi rumah tangga kuartal I-2019 akan mengalami peningkatan. Konsumsi rumah tangga diyakini meningkat ditopang dengan adanya pemilihan umum Presiden dan legislatif.

"Kalau konsumsi (rumah tangga) mestinya tahun Pemilu naiklah," kata Darmin di Gedung Univeristas Indonesia Salemba, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Meskipun begitu, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) masih belum memastikan berapa angka konsumsi rumah tangga untuk kuartal pertama tahun ini. Namun, ia optimistis konsumsi rumah tangga yang tumbuh bisa mendukung pertumbuhan ekonomi.

"Saya ya enggak tahu lihat dulu. Tapi, kalau secara umum konsumsi itu naik," ucapnya.

Sebagai informasi, konsumsi rumah tangga pada kuartal I-2018 hanya sebesar 4,94 persen. Secara keseluruhan, pada tahun 2018, konsumsi rumah tangga tumbuh mencapai 5,05 persen.

Bank Indonesia (BI) beberapa waktu lalu menyatakan, konsumsi rumah tangga cenderung menguat. Hal itu ditandai dengan indeks keyakinan konsumen Maret 2019 yang naik menjadi 127,9 dari posisi Februari 2019 yang sebesar 125,1.

"Keyakinan konsumsi tinggi, baik untuk melakukan investasi maupun melakukan konsumsi," ujar Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo di kompleks BI, Jumat (29/3/2019).

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics Mohammad Faisal memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal I-2019 bisa di atas 5 persen. Hal ini seiring dengan konsumsi rumah tangga yang stabil.

"Prospek pertumbuhan ekonomi di kuartal I 2019 untuk tumbuh di atas 5 persen itu sangat besar," kata Direktur Eksekutif CORE Indonesia, Mohammad Faisal di Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Menurut dia, konsumsi rumah tangga masih akan tumbuh stabil di kisaran 5 persen, sama seperti tiga kuartal sebelumnya. Hal tersebut terlihat dari indeks penjualan riil yang trennya meningkat hingga Februari 2019 yang tumbuh 10,9 persen.

"Ini berbalik dari tahun 2017 yang sempat mengalami penjualan riil mengalami penurunan, yang menunjukkan perlambatan kosnumsi rumah tangga," ujarnya.


Editor : Ranto Rajagukguk