Airlangga Optimistis Ekonomi Kuartal III-2020 Tumbuh Positif

Suparjo Ramalan ยท Sabtu, 04 Juli 2020 - 12:28 WIB
Airlangga Optimistis Ekonomi Kuartal III-2020 Tumbuh Positif

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Humas Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Pertumbuhan ekonomi kuartal III-2020 diprediksi positif meski masih dilanda pandemi Covid-19. Hal tersebut seiring pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilonggarkan dan percepatan program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, saat ini pemerintah mempercepat pelaksanaan PEN. BUMN akan menjadi lokomotif pemulihan ekonomi nasional.

"Penyelamatan BUMN diseriusi guna menjaga laju pertumbuhan tetap bertahan di zona positif," ujar Airlangga melalui keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu (4/7/2020).

Airlangga memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun ini berada di kisaran 2,9 persen. Penurunan ekonomi teresbut dinilainya akan berdampak pada kenaikan angka pengangguran dan kemiskinan.

Oleh sebab itu, kata dia, pemerintah menyiapkan PEN agar dampak negatif dari pandemi bisa diminimalisir. Dia mengatakan, realisasi PEN menjadi kunci untuk menghindari krisis akibat Covid-19.

"Seberapa cepat, tepat, dan efektif pilihan kebijakan yang diambil pemerintah, di sinilah semua pihak perlu memahami persoalan secara lebih dalam," ujar dia.

Selain PEN, mantan menteri perindustrian itu menyebut, pemerintah juga menyiapkan program exit strategy. Isinya tahapan pembukaan ekonomi menuju tatanan normal baru (new normal).

Editor : Rahmat Fiansyah