Akhir Pekan, Erick Thohir hingga Angela Tanoesoedibjo Bahas 5 Destinasi Prioritas

Rully Ramli ยท Sabtu, 26 Oktober 2019 - 13:40 WIB
Akhir Pekan, Erick Thohir hingga Angela Tanoesoedibjo Bahas 5 Destinasi Prioritas

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai memimpin rapat koordinasi membahas lima destinasi prioritas di Jakarta, Sabtu (26/10/2019). Dalam rapat itu hadir Menteri BUMN Erick Thohir hingga Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo.

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menggelar rapat koordinasi (rakor) perdana, Sabtu (26/10/2019). Rapat ini digelar untuk membahas kelanjutan program pembangunan lima destinasi prioritas pariwisata.

Rakor ini dihadiri langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir bersama Wakil Menteri Kartika Wirjoatmodjo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama bersama Wakil Menteri Angela Tanoesoedibjo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

"Kami melaporkan ke beliau-beliau yang baru menjabat bagaimana pariwisata, khususnya untuk destinasi program prioritas wisata yang jadi pesan pak presiden," ujar Basuki di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Sabtu.

Dalam rakor ini, Basuki memaparkan proses pembangunan detinasi pariwisata prioritas Danau Toba, Labuan Bajo, Borobudur, Likupang, dan Mandalika. Ia berharap dengan adanya rakor ini, menteri-menteri baru dapat dengan cepat memahami peranan dan tugasnya dalam merealisasikan program ini.

"Karena kalau infrastruktur di lima (destinasi) itu dibangun, tapi event tidak direncanakan, logistik tidak direncanakan pasti apa yang disampaikan ke pemasaran, investasi, logistik, hotel tidak siap nanti. Pak presiden harapannya tidak sent saja tapi harus delivered," ujarnya.

Wishunatama pun memastikan Kementerian Pariwisata akan terus fokus dalam mengembangkan strategi-strategi destinasi utama wisata ini. Bahkan, program ini tahun depan ditargetkan rampung.

"Ini awalan yang luar biasa buat saya karena kerja sama sinergi dan kementerian dari awal sudah dibangun," kata dia.

Sementara itu, Erick Thohir menekankan Kementerian BUMN akan mendorong perusahaan-perusahaan pelat merah untuk menjadi sumber pembiayaan dalam program ini.

"Tentu kan BUMN menjadi lokomotif pembangunan dan membangun ekosistem yang sehat baik swasta maupin lainnya yang impact-nya yaitu ekonomi nasional berkembang dan menciptakan lapangan kerja," tutur dia.

Untuk mendorong pembiayaan tidak hanya berasal dari pemerintah dan BUMN saja, Bahlil mengatakan, BKPM akan mengarahkan calon-calon investor untuk menanamkan modalnya di lima destinasi pariwisata tersebut.

"Tadi petanya sudah jelas, kemudian arahnya kalau kita giring, untuk mana yang jadika skala prioritas, untuk melakukan investasi saya pikir sudah sangat baik, dan kasih kami waktu" ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah