Aliran Modal Asing Masuk ke RI Sentuh Rp2,9 Triliun dalam Sepekan

Muhammad Aulia ยท Jumat, 17 April 2020 - 15:40 WIB
Aliran Modal Asing Masuk ke RI Sentuh Rp2,9 Triliun dalam Sepekan

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo. (Foto: Humas BI)

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) mencatat, arus investasi asing mulai kembali ke Tanah Air. Dalam sepekan, modal asing yang masuk ke Indonesia (capital inflow) mencapai Rp2,9 triliun.

“Selama seminggu terakhir dari tanggal 14, 15, 16 terjadi inflow di portfolio inflow kita. Tanggal 14 terjadi inflow Rp0,7 triliun, tanggal 15 sebesar Rp0,2 triliun, tanggal 16 Rp2 triliun,” kata Gubernur BI, Perry Warjiyo, Jumat (17/4/2020).

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu terjadi arus modal keluar (capital outflow) secara masif. Hal itu terjadi imbas wabah virus corona (Covid-19) yang mendorong investor asing menarik aset investasi dari negara berkembang (emerging market).

Dari awal, Perry optimistis arus modal asing akan kembali karena imbal hasil (return) di Indonesia sangat menarik. Bahkan, kata dia, arus modal yang kembali akan lebih besar daripada yang keluar.

Dia mencatat sepanjang 2011 hingga 2019, arus modal asing yang keluar mencapai Rp29,2 triliun dalam kurun waktu empat bulan. Namun di saat yang bersamaan, arus modal yang masuk mencapai Rp229,1 triliun selama 21 bulan.

Pria asal Sukoharjo tersebut yakin arus modal asing akan mengalir deras saat pandemi Covid-19 berakhir.

“Kami yakin setelah Covid-19 mereda, inflow jauh lebih besar dalam periode lebih lama. Hal itu mendasari nilai tukar rupiah bergerak stabil dan cenderung menguat,” imbuhnya.

Editor : Rahmat Fiansyah