Aliran Modal Asing Tembus Rp192,5 Triliun hingga Akhir Juli

Rully Ramli ยท Jumat, 26 Juli 2019 - 17:38 WIB
Aliran Modal Asing Tembus Rp192,5 Triliun hingga Akhir Juli

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. (Foto: Humas BI)

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) mencatat modal asing terus mengucur deras ke Tanah Air. Hingga 25 Juli 2019, aliran modal asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia (capital inflow) mencapai Rp192,5 triliun.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, modal asing ini masuk ke surat berharga negara (SBN) Rp119,3 triliun dan Rp72,2 triliun masuk ke pasar pasar saham.

"Ini menunjukkan memang aliran modal asing masuk ke Indonesia khususnya dalam bentuk investasi portofolio masih terus masuk," ujarnya di Masjid BI, Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Menurut Perry, derasnya aliran modal asing ke Indonesia menunjukkan kepercayaan investor masih tinggi. Dia juga menyebut, kondisi ekonomi Indonesia masih positif.

"Ini menunjukkan kepercayaan investor terhadap prospek ekonomi Indonesia terhadap respons yang ditempuh oleh otoritas pemerintah BI, OJK juga terkait juga imbal hasil yang menarik di Indonesia," tutur dia.

Selain itu, aliran modal asing yang terus masuk ini disebut sebagai salah satu sentimen positif terhadap pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

"Saya kira nilai tukar masih tetap stabil ya faktor-faktor yang tadi aliran modal asing sebagai faktor-faktor positif," ucap dia.

Editor : Rahmat Fiansyah