Apindo Prediksi Ekonomi Indonesia 2018 Hanya Tumbuh 5,05 Persen

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Selasa, 05 Desember 2017 - 14:11:00 WIB
Apindo Prediksi Ekonomi Indonesia 2018 Hanya Tumbuh 5,05 Persen
Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani (Foto: iNews.id/Isna)

JAKARTA, iNews.id - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memproyeksikan ekonomi Indonesia 2018 tumbuh dalam rentang 5,05 persen hingga 5,20 persen, di bawah target Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2018. Proyeksi tersebut dibuat dengan landasan kehati-hatian sekaligus pandangan realistis dunia usaha terhadap kelanjutan reformasi struktural yang masih dilakukan pemerintah.

"Proyeksi tersebut dibuat dengan landasan kehati-hatian sekaligus pandangan realistis dunia usaha," kata Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani, dalam konferensi pers Outlook Apindo 2018, Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Pada kuartal III-2017, Apindo melihat pencapaian pertumbuhan ekonomi sebesar 5,06 persen tidak terlalu menggembirakan. Hal ini ditambah dengan perbaikan kinerja industri pengolahan dan dunia usaha secara keseluruhan masih belum memperlihatkan pola ekspansi yang diharapkan.

Karena itu, pihaknya juga memperkirakan pertumbuhan ekonomi sampai akhir 2017 sebesar 5,20 persen dalam APBN-P 2017 sulit tercapai. Apindo memandang, apabila upaya pemerintah di tahun 2018 tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan di tahun ini, maka target pertumbuhan tahun depan di level 5,20 persen atau lebih akan sulit tercapai.

Pemerintah diharapkan tetap melanjutkan pemberian insentif kepada dunia usaha, khusunya pada sektor padat karya. Pejabat publik juga diharapkan mengurangi berbagai polemik yang terpublikasi saat ini, karena hal tersebut menjadikan dunia usaha dan investor semakin berhati-hati dan pesimistis, terutama memasuki tahun politik 2018.

Selain itu dia mengungkapkan, pengusaha dan investor enggan berinvestasi di industri padat karya karena tingginya upah mininum. Akibatnya, tenaga kerja formal mulai menyusut dan beralih ke sektor informal, sehingga terjadi penundaan pembelian atau konsumsi.

"Apindo berharap upaya pemerintah benar-benar out of the box terhadap berbagai motor produktif pertumbuhan ekonomi, baik sektor industri konvensional maupun sektor harapan baru," tuturnya.

Pada 2018, ia berharap sektor harapan baru seperti sektor pariwisata atau industri kreatif bisa menjadi bintang di dunia usaha. Hal ini dengan tidak mengesampingkan upaya reformasi struktural yang terus dilakukan pemerintah dalam mendongkrak kinerja industri pengolahan dan manufaktur, investasi penanaman modal dalam negeri dan asing, serta penyediaan lapangan kerja.

Editor : Ranto Rajagukguk