Badan Supervisi BI Gelar Seminar di Universitas Andalas

Rully Ramli · Senin, 11 Februari 2019 - 22:17 WIB
Badan Supervisi BI Gelar Seminar di Universitas Andalas

Sejumlah narasumber memaparkan soal peran BI dalam perekonomian daerah di Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, Senin (11/2/2019). (Foto: Ist)

PADANG, iNews.id - Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI) menggelar seminar nasional di Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (Unand), Sumatera Barat. Seminar itu mengangkat tema "Peran dan Tata Kelola Kantor Perwakilan Bank Indonesia dalam Pengembangan Ekonomi Daerah.”

Rektor Unand, Tafdil Husni yang membuka seminar itu mengatakan, acara ini bertujuan untuk memberikan ide dan gagasan strategis tentang peran BI di daerah. Selain memiliki fungsi moneter dan menjaga kurs, BI memiliki peran mengembangkan ekonomi daerah.

“Salah satunya adalah kerjasama BI dengan Pemerintah Daerah dalam membentuk tim TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah)” kata Tafdil di Convention Hall Unand, Padang, Senin (11/2/2019).

Ketua BSBI, M. Fadhil Hasan mengakui, BSBI belum dikenal luas di masyarakat. Dia menjelaskan, BSBI dibentuk berdasarkan Undang-Undang Bank Sentral pada tahun 200 sebagai bagian dari akuntabilitas dan independensi BI.

"BSBI merupakan perpanjangan tangan Dewan Perwakilan Rakyat dalam melaksanakan fungsi pengawasan di bidang tertentu terhadap Bank Indonesia dalam upaya meningkatkan akuntabilitas, independensi, transparansi dan kredibilitas Bank Indonesia," ujar dia.

Seminar dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh empat orang narasumber, yaitu Candra Fajri Utama (BSBI), Refrizal (Anggota DPR RI Komisi XI), Endy Dwi Tjahjono (Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumatera Barat) dan Syafruddin Karimi, (Dosen Fakultas Ekonomi Unand).

Narasumber tersebut berbicara mulai dari kondisi ekonomi makro global hingga peran BI dalam mengembangkan ekonomi daerah.


Editor : Rahmat Fiansyah