Bangun Ibu Kota Baru, Bappenas Tiru Desain Washington DC

Rully Ramli ยท Kamis, 16 Mei 2019 - 14:46 WIB
Bangun Ibu Kota Baru, Bappenas Tiru Desain Washington DC

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah tengah fokus menyelesaikan desain sekaligus menentukan lokasi pasti Ibu Kota baru Indonesia. Rencananya, desain dan lokasi Ibu Kota pengganti Jakarta bisa selesai tahun ini.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menuturkan, pihaknya telah melakukan kajian dengan mempelajari pengalaman-pengalaman negara yang telah melakukan pemindahan Ibu Kota. Harapannya, dengan kajian ini pemerintah tidak akan melakukan kesalahan dalam rencana tata kota.

"Kita memelajari semua yang dianggap best practice maupun kegagalan pemindahan Ibu Kota," kata Bambang di Kantor Bappenas, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Setelah melakukan kajian, tambah Mantan Menteri Keuangan itu, pihaknya berencana untuk mengikuti desain Ibu Kota Amerika Serikat (AS), Washington DC. Kota ini dipilih dari beberapa opsi contoh Ibu Kota baru lain seperti ibu kota Kazakhstan, Astana dan ibu kota Brasil, Brasilia.

"Dari segi desain kami memikirkan Ibu Kota baru akan seperti Washington DC," katanya.

Alasan dipilihnya Washington DC sebagai contoh pemerintah karena sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo. Ia ingin pusat pemerintahan dipisahkan dari pusat perekonomian.

Bambang menjelaskan, di Ibu Kota baru nanti, infrastruktur yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi nantinya hanya akan menjadi pendukung pemerintahan saja.

"Washington DC basisnya pusat pemerintahan. Washington DC tidak seperti New York, dan tidak didesain seperti New York. Karena dia pusat pemerintahan dengan kegiatan komersial yang mendukung pemerintahan," tuturnya.

Sebagai informasi, pada 1970 kongres AS menyetujui untuk memindahkan Ibu Kota semula di New York, menjadi Washington DC. Dalam putusan tersebut, kongres AS sepakat untuk memisahkan pusat pemerintahan dan ekonomi.


Editor : Ranto Rajagukguk