Bantu Petani Terdampak Bencana, Menteri Amran Kerap Rogoh Dana Pribadi

Rully Ramli ยท Sabtu, 22 Juni 2019 - 19:01 WIB
Bantu Petani Terdampak Bencana, Menteri Amran Kerap Rogoh Dana Pribadi

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman saat memberikan bantuan langsung kepada korban bencana di Sulawesi Tenggara. (Foto: Humas Kementan)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah daerah belakangan ini dilanda banjir dan kekeringan. Hal ini berdampak pada terjadinya kerusakan sawah, sehingga menyebabkan gagal panen.

Merespons kondisi tersebut, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menggalang dan membawa langsung bantuan untuk meringankan korban. Bahkan, tak jarang merogoh dana pribadinya untuk membantu petani yang terdampak, termasuk baru-baru ini saat bencana menimpa empat kabupaten di Sulawesi Tenggara.

"Bukan sekali ini saja penggalangan dan bantuan sumbangan bencana dilakukan Menteri Amran ini. Sikap dan kepedulian Mentan Amran atas bencana seyogyanya menjadi contoh," ujar Senator DPD RI, Parlindungan Purba dikutip Sabtu (22/6/2019).

Menurut Parlindungan, sikap yang ditunjukkan Menteri Amran jangan dikaitkan dengan hal-hal lain, termasuk politik.

"Ini urusan kemanusiaan, semua pihak mempunyai hak dan kewajiban membantu sesama dalam kesulitan," tuturnya.

Kementerian Pertanian (Kementan) baru-baru ini menyalurkan bantuan berupa benih, bibit, alsintan, dan sejumlah uang kepada petani terdampak di Sultra. Bantuan senilai Rp12,5 miliar itu adalah hasil sumbangan pegawai dan kemitraan Kementan.

Anggota Komixi IV DPR, Irwan Zulfikar juga mengapresiasi gerak cepat Mentan Amran dalam merespons bencana banjir di tujuh kabupaten di Sulawesi Selatan. Ketujuh kabupaten itu yaitu Soppeng, Sidrap, Wajo, Pinrang, Bone, Enrekan, dan Luwu.

"Mentan Amran melakukan terobosan yang luar biasa dalam menangani dampak di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara. Sebab, hari ini bantuan tersebut langsung disalurkan ke masyarakat yang terkena dampak banjir di tujuh kabupaten di Sulsel," kata Irwan saat mendampingi Amran beberapa waktu lalu.

Saat itu, Kementan memberikan bantuan berupa benih, pupuk, dan alsintan seperti pompa air, traktor, dan ekscavator. Semua bantuan disesuaikan dengan kebutuhan petani yang terkena dampak banjir.

Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat dan semua pihak yang menunjukan empati kepada warga korban bencana alam maupun bencana sosial di wilayahnya.

”Diharapkan bantuan yang sudah tersalur maupun dalam proses penyaluran tepat sasaran sehingga bernilai ibadah, baik yang memberi bantuan maupun yang menerima bantuan," ucap dia.


Editor : Rahmat Fiansyah