Basuki Hadimuljono dan Ridwan Kamil Kolaborasi Bikin Rencana Aksi Atasi Banjir di Jawa Barat

Aditya Pratama ยท Kamis, 16 Januari 2020 - 20:26 WIB
Basuki Hadimuljono dan Ridwan Kamil Kolaborasi Bikin Rencana Aksi Atasi Banjir di Jawa Barat

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat memberikan keterangan pers di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/1/2020). (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) menggelar rapat penanggulangan banjir di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/1/2020). Rapat itu membahas soal rencana aksi untuk menindaklanjuti evaluasi atas banjir yang terjadi pada awal 2020.

Rapat tersebut dipimpin oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan diikuti oleh kepala daerah yang wilayahnya terdampak banjir, terutama Pemkot Bekasi dan Pemkab Bogor. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ikut hadir dalam rapat tersebut.

Emil, sapaan Ridwan Kamil mengatakan, rencana aksi yang akan dibuat melibatkan banyak pihak, termasuk sinergi pusat, provinsi, serta kabupaten/kota. Rencana tersebut melingkupi penanganan banjir di hulu dan hilir.

"Kita akan melakukan rencana aksi, apa yang akan dilakukan, siapa ini artinya bisa tingkat kota-kabupaten, provinsi atau pusat, kemudian apa bendungan yang dibangun secepatnya apakah normalisasi, pengerukan, dan sebagainya. ujar Emil.

Mantan wali kota Bandung itu mengatakan, rencana aksi ini perlu segera dibuat supaya bisa disesuaikan dengan APBD tiap daerah.

"Kemudian anggaran (banjir) kita akan hitung mana yang ada di anggaran 2020 kita akan kebut dan jadwal secepatnya," ucapnya.

Emil mengapresiasi atensi Presiden Jokowi soal banjir di Jabar. Dia berharap berbagai proyek infrastruktur terutama bendungan-bendungan yang dikerjakan pemerintah pusat bisa selesai tahun ini,

Menteri PUPR Basuki Hadilmuljono menyebut ada beberapa program pemerintah untuk mengatasi banjir di Jabar. Dia menyebut, normalisasi Sungai Citarum telah mencegah banjir berkepanjangan di Bandung dan sekitarnya.

"Dengan demikian, saya ingin tahun 2020 ini banjir di Bandung bisa kita kendalikan dengan lebih baik, karena saya akan memfokuskan ke hilir, daerah Karawang, Muara Gembong, Cilamaya yang tahun ini terkena banjir besar," ucap Basuki.

Selain itu, kata dia, pemerintah juga akan mengebut proses pembangunan Bendungan Cijuray di Kabupaten Bogor sehingga bisa selesai pada 2023 atau paling lambat awal 2024.

Editor : Rahmat Fiansyah