Basuki Hadimuljono Tegur Kepala BPJT soal Kenaikan Tarif Tol

Okezone ยท Jumat, 31 Januari 2020 - 16:38 WIB
Basuki Hadimuljono Tegur Kepala BPJT soal Kenaikan Tarif Tol

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - Tarif enam ruas jalan tol mengalami kenaikan mulai Jumat (30/1/2020) pukul 00.00 WIB. Penyesuaian tarif ini dinilai telah disesuaikan dengan kondisi inflasi.

Adapun enam ruas jalan tol tersebut, yaitu Cawang-Tomang-Pluit, Tol Cawang-Tanjung Priok-Ancol-Jembatan Tiga-Pluit, Tol Ujung Pandang tahap I, Tol Gempol-Pandaan tahap I, Tol Bali-Mandara, dan Tol Pondok Aren-Serpong.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono merespons kenaikan serentak tarif enam ruas tol tersebut. Dia menilai, sosialisasi penyesuaian tarif oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) terlalu cepat, atau tidak dua pekan berdasarkan aturan.

Basuki mengatakan, Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR tentang penyesuaian tarif tol tersebut baru ditandatangani pada 23 Januari lalu. Itu menandakan sosialisasi penyesuaian tarif baru sepekan dijalankan.

"Sosialisasi tinggal sosialisasi apa susahnya," ujar dia di kantornya, Jumat (31/1/2020).

Karena itu, Basuki menegur kepala BPJT Danang Parikesit dan meminta ada evaluasi mengenai hal ini. Dia berharap, sosialisasi penyesuaian tarif diperhatikan sehingga tidak mengagetkan masyarakat pengguna tol.

"Jadi, aturannya begitu ada SK menteri PUPR, maka ada sosialisasi dua minggu sebelum tarif diberlakukan," ujar dia.

Sebagai informasi, penyesuaian tarif tol ini telah diatur dalam Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol dengan perubahan pada PP Nomor 30 Tahun 2017. 

Editor : Ranto Rajagukguk