Bayar KRL Kini Bisa Pakai LinkAja, Tinggal Goyangkan Smartphone

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Selasa, 01 Oktober 2019 - 16:17 WIB
Bayar KRL Kini Bisa Pakai LinkAja, Tinggal Goyangkan Smartphone

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno saat menaiki KRL dan membayar dengan LinkAja. (Foto: iNews.id/Isna Rifka)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno hari ini melakukan uji coba penggunaan LinkAja sebagai opsi pembayaran untuk transportasi publik Commuter Line. Selama ini pembayaran Kereta Rel Listrik (KRL) melalui uang elektronik dari sejumlah bank nasional dan milik PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) sendiri.

Uji coba ini turut dihadiri Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti, dan Direktur Utama PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) selaku operator yang elektronik LinkAja. Uji coba dilakukan di Stasiun Juanda dan Stasiun Jakarta Kota.

Rini menjelaskan, cara penggunaan LinkAja untuk pembayaran KRL ternyata cukup mudah. Penumpang hanya perlu membuka aplikasi LinkAja dan menggoyangkan (shake) gawainya saat 15 detik sebelum mencapai gerbang (gate) pembayaran elektronik.

"Naik KRL kita pakai LinkAja, sekarang kalau sudah pakai LinkAja, ya harus ada dananya ya, tinggal digini-giniin (shake), terus keluar ini (barcode), langsung ditempelkan, langsung deh bisa masuk pakai KRL," ujarnya di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Namun saat menggoyangkan gawainya harus pada waktu yang tepat. Pasalnya, jika pelanggan menggoyangkan gawai jauh dari gerbang pembayaran elektronik, maka barcode yang muncul keburu kedaluwarsa.

"Maklumlah saya ini kolonial jadi urusan IT agak bego. Jadi kan karena saya khawatir, tadi sebelum turun ke bawah sudah gini (shake) dulu, aku pegangin saja sebelum sampai (gate). Ternyata ini tiap 15 detik mati, ganti. Supaya jaga jangan sampai di clone sama orang lain. Jadi benar-benar proteksinya tinggi sekali," ucapnya.

Dengan demikian, kini pelanggan tidak perlu membawa kartu setiap kali mau naik KRL. Pelanggan hanya perlu membawa gawainya yang sudah ter-install aplikasi LinkAja. Tapi sebelum menggunakan, pelanggan perlu memastikan saldo LinkAja miliknya masih terisi.

"Tarifnya sama, tidak beda. Malah ke depan, karena LinkAja kan sinergi BUMN, jadi biasanya nanti ada waktu waktu spesial dapat apa, kita hubungkan dengan hadiah macam-macam," kata dia.

Rini menjelaskan, untuk bisa menggunakan LinkAja, pelanggan hanya perlu menyediakan saldo minimal Rp13.000. "Tidak perlu (kartu). (Saldo) minimal Rp13.000 masuk. Punya ibu alhamdulillah di sini ada Rp900.000.

Editor : Ranto Rajagukguk