Begini Cara Sri Mulyani Awasi Harta yang Disembunyikan di Luar Negeri

Rina Anggraeni ยท Jumat, 17 Desember 2021 - 21:48:00 WIB
Begini Cara Sri Mulyani Awasi Harta yang Disembunyikan di Luar Negeri
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut, penggunaan NIK menggantikan NPWP akan mempermudah pembayaran pajak dan mengawasi harta yang disembunyikan di luar negeri. (foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut, penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk menggantikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) akan mempermudah pembayaran pajak. Dengan penggunaan NIK, pihaknya bisa mengawasi harta yang disembunyikan di luar negeri.

"Demi kesederhanaan administrasi dan kepentingan nasional, dilakukan integrasi basis data kependudukan dengan sistem administrasi perpajakan sehingga mempermudah WP orang pribadi melaksanakan pemenuhan hak dan kewajiban perpajakan," ujar Sri Mulyani dalam video virtual, Jumat (17/12/2021).

Penggunaan NIK sebagai NPWP tidak serta merta menyebabkan orang pribadi membayar pajak. Bahkan, penggunaan NIK dan NPWP bisa mengawasi harta yang disembunyikan.

Hal tersebut dikarenakan, menggunakan Automatic Exchange of Information (AEOI) di NIK. Adapun, memastikan harta yang disembunyikan di luar negeri juga akan terlacak.

"Saya punya Automatic Exchange of Information lho, Bapak dan Ibu sekalian. Jadi sekarang ini Pak Suryo (Dirjen Pajak) sebetulnya selalu dapat di Singapura siapa saja orang Indonesia, Hongkong, Cayman Islands, dari Panama, kita dapat itu informasinya," ucapnya.

Adapun saat ini pembayaran pajak dilakukan apabila penghasilan dalam setahun di atas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) atau apabila orang pribadi merupakan pengusaha yang menggunakan Peraturan Pemerintah Nomor 23/2018 (pembayaran pajak dilakukan jika peredaran bruto diatas Rp500 juta setahun).

“Kalau Anda nggak punya pendapatan, Anda nggak bayar pajak. Kalau Anda tidak punya kemampuan, Anda dibantu negara,” ucapnya.

Editor : Aditya Pratama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda