Begini Makna Lebaran bagi Menteri Susi

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Kamis, 06 Juni 2019 - 23:11 WIB
Begini Makna Lebaran bagi Menteri Susi

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memaknai Idul Fitri untuk meraih kemenangan karena telah melewati Ramadan dengan baik. Oleh karenanya, seluruh umat Muslim menyambutnya dengan suka cita.

Selain itu, Lebaran juga dimaknai sebagai ajang untuk memupuk kebersamaan dan silaturahmi. Hal ini terlihat dari tradisi mudik yang dilakukan masyarakat Indonesia sehingga membuat pemerintah melegalkan libur cuti bersama setiap Lebaran.

"Coba orang Jakarta berapa juta orang keluar dari Jakarta, rela meninggalkan Jakarta yang mereka hidup sehari-hari hanya untuk satu minggu saja," ujarnya di rumah dinasnya, Jakarta, Kamis (6/6/2019).

Menurut dia, tradisi ini harus dijaga setiap tahunnya agar hidup lebih bermakna. "Dalam sebuah community untuk seseorang itu to have something in one of the day of the year yang berarti itu saya pikir sangat penting karena kalau tidak ya hidup seperti tidak ada maknanya," ucapnya.

Pasalnya, kebersamaan ini justru membuat masyarakat menjadi memiliki semangat untuk pulang kampung demi keluarga. Hal ini juga nantinya dapat berimbas pada bangsa dan negara.

"Kalau orang punya excitement itu biasanya sehat, bahagia, dan puluhan orang sehat pastinya akan membuat bangsa ini jadi lebih sehat," kata dia.

Oleh karenanya, dia ingin berbagi momen Lebaran ini dengan mudik ke kampung halaman di Pangandaran, Jawa Tengah meski tahun ini di Jakarta. Kemudian dia mengundang masyarakat setempat terutama anak-anak, janda dan orang tua untuk makan bersama.

"Kalau biasanya saya kan tidak pernah lebaran di Jakarta baru kali ini lebaran di Jakarta," tutur dia.

Editor : Ranto Rajagukguk