Berjalan Lancar, AS Perpanjang Waktu Negosiasi Dagang dengan China

Rully Ramli ยท Sabtu, 08 Desember 2018 - 15:01 WIB
Berjalan Lancar, AS Perpanjang Waktu Negosiasi Dagang dengan China

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump (kiri) bersalaman dengan Presiden China, Xi Jinping (kanan) (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Negosiasi dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China berjalan dengan baik. Hal ini menyusul gencatan senjata perang dagang antara kedua negara yang diumumkan beberapa waktu lalu.

Dilansir CNBC, Sabtu (8/12/2018), Presiden AS, Donald Trump lewat media sosial menyatakan, negosiasi antara dirinya dengan Presiden Xi Jinping berjalan lancar.

"Diskusi dengan China berjalan sangat baik," tulis Trump lewat akun @realDonaldTrump.

BACA JUGA:

AS Sepakat Tunda Tarif Impor untuk 200 Miliar Dolar AS Produk China

Sementara itu, Penasihat Gedung Putih bidang Ekonomi, Larry Kudlow mengofirmasi negosiasi antara kedua negara yang berjalan dengan baik. Bahkan, Kudlow menyebut, Presiden Trump bersedia untuk memperpanjang waktu negosiasi yang sebelumnya dipatok 90 hari.

"Presiden telah memberikan indikasi, bahwa diskusi berjalan dengan lancar, ada kemajuan yang stabil, dan juga tindakan yang baik. Dia mungkin akan bersedia untuk memperpanjang penundaan 90 hari, kita lihat perkembangannya nanti," kata Kudlow.

Kudlow menambahkan, negosiasi cukup menjanjikan. Menurut dia, perlu ada kepercayaan antara kedua negara supaya perundingan bisa sukses.

Hubungan kedua negara sempat memanas setelah ditangkapnya Direktur Keuangan Huawei, Meng Wanzhou. Menurut Kudlow, insiden itu sama sekali tidak mengganggu negosiasi kedua negara.


Editor : Rahmat Fiansyah