Besaran Dana Kelurahan Bervariasi Antara Rp352,9-384 Juta

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Rabu, 05 Desember 2018 - 23:06 WIB
Besaran Dana Kelurahan Bervariasi Antara Rp352,9-384 Juta

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Astera Primanto Bhakti. (Foto: Ist)

NUSA DUA, iNews.id - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menetapkan skema pencairan dana kelurahan. Setiap kelurahan nantinya akan diberikan dana berbeda-beda tergantung dari kondisinya.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu Astera Primanto Bhakti mengatakan, anggaran dana kelurahan untuk tahun depan telah ditetapkan Rp3 triliun untuk 8.212 kelurahan di seluruh Indonesia. Dana ini akan disisipkan dalam Dana Alokasi Umum (DAU).

"Tiap kelurahan dapat Rp350 jutaan. Jadi pas Rp3 triliun," ujar Astera di Novotel Nusa Dua Bali, Rabu (5/12/2018).

BACA JUGA:

Sudah Ditetapkan, Besaran Dana Kelurahan Berkisar Rp350 Juta

Tahun Depan, Menkeu Sebar Dana Kelurahan Rp3 T kepada 8.122 Kelurahan

Astera menjelaskan, Kemenkeu telah membuat kategorisasi kelurahan ke dalam tiga bagian. Pertama kategori baik yang mencapai 1.805 kelurahan akan mendapatkan dana Rp352,9 juta.

Kedua, kategori perlu ditingkatkan ada 4.782 kelurahan yang mendapat dana Rp370,1 juta. Ketiga, kategori sangat perlu ditingkatkan mendapat dana Rp384 juta ada 625 kelurahan.

"Karena ini baru pertama kali, kami cari angka yang kalau dibagi 8.212 kelurahan, maka bisa ada effect, makanya tidak mungkin angkanya kecil," kata dia.

Astera menjelaskan, tujuan dana kelurahan untuk meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat, termasuk di dalamnya pembangunan infrastruktur sehingga pendapatan masyarakat bisa meningkat. Dana ini hampir mirip dengan dana desa.

"Selama ini kita bicara desa terus, padahal dengan adanya urbanisasi, masyarakat pindah dari desa ke kota, banyak juga (pengangguran) di kelurahan," tuturnya.


Editor : Rahmat Fiansyah