BJ Habibie Wafat, Sri Mulyani: Saya Kehilangan Mentor yang Luar Biasa

Rully Ramli ยท Kamis, 12 September 2019 - 10:19 WIB
BJ Habibie Wafat, Sri Mulyani: Saya Kehilangan Mentor yang Luar Biasa

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie telah berpulang di usia 83 tahun, Rabu (11/9/2019), pukul 18.05 WIB. Kabar ini membuat seluruh masyarakat Indonesia merasa kehilangan, tak terkecuali Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Dalam unggahan akun Instagramnya, Sri Mulyani mengaku sangat kehilangan seorang figur yang sangat penting dalam hidupnya. 

"Saya sangat kehilangan mentor yang luar biasa dan teladan," ujar dia, dikutip Kamis (12/9/2019).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menilai, Habibie adalah seorang yang memiliki peranan sangat besar pada masa awal reformasi. Oleh karena peranannya, Indonesia berhasil melakukan transisi sistem kepemimpinan yang lebih demokrasi.

Bukan hanya itu, wanita yang akrab disapa Ani itu juga mengagumi jasa Habibie dalam pengembangan industri strategis seperti industri pesawat terbang, kereta api, kapal laut, dan peralatan militer. Langkah pengembangan ini kemudian menjadi fondasi pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas industri nasional.

"Beliau adalah bapak bangsa yang dicintai dan dibanggakan oleh generasi penerus karena prestasi dan dedikasinya memberikan inspirasi bagi banyak generasi selanjutnya," kata dia.

Oleh karenanya, dengan adanya kabar duka tersebut, Ani menilai Indonesia sudah kehilangan sosok figur yang memiliki kecintaan sangat besar kepada Tanah Air. 

"Selamat jalan Pak Habibie, selamat berkumpul kembali dengan istri tercinta, Ibu Ainun Habibie, di tempat terindah, di sisi Allah SWT," ucapnya.


Editor : Ranto Rajagukguk