BKF: Pertumbuhan Ekonomi RI Tak Pernah di Bawah Global dalam 20 Tahun Terakhir

Rina Anggraeni ยท Senin, 06 Desember 2021 - 19:28:00 WIB
BKF: Pertumbuhan Ekonomi RI Tak Pernah di Bawah Global dalam 20 Tahun Terakhir
Kepala BKF Febrio Nathan Kacaribu sebut pertumbuhan ekonomi Indoensia tidak pernah di bawah global dalam 20 tahun terakhir. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Nathan Kacaribu mengatakan, pertumbuhan perekonomian Indonesia lebih baik dibandingkan pertumbuhan ekonomi global. Buktinya, dalam 20 tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi Indoensoa tidak pernah di bawah pertumbuhan ekonomi global.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam 20 tahun terakhir tidak pernah di bawah pertumbuhan ekonomi global. Selalu kita tumbuhnya di atas pertumbuhan ekonomi global. Itu yang membuat posisi Indonesia semakin kuat dan strategis,” kata Febrio dalam video virtual,  Selasa (6/12/2021).

Indonesia yang masuk dalam negara G20 juga menunjukkan Indoensia sebagai salah satu negara perekenomian terbesar di dunia. Dari sisi Produk Domestik Bruto (PDB), Indonesia berada di peringkat 16.

Dia menjelaskan, presidensi G20 juga menunjukkan tingkat resiliensi dan daya tahan Indonesia di tengah pandemi, sekaligus mempromosikan komitmen dan potensi Indonesia dalam mempratekkan kepemimpinan global.

“Inilah modal pertama kita yang jelas dilihat oleh banyak negara dan kita juga sadar akan keunggulan kita tersebut. Jadi kita memang dalam posisi confidence, dalam posisi ingin menunjukkan bahwa Indonesia adalah salah satu dari leader global ini," tuturnya.

Indonesia juga menginginkan adanya kesiapan global terhadap pandemi. Karena itu, akan disepakati mekanisme bersama supaya pandemi dapat terdeteksi sehingga tidak akan menimbulkan dampak kepada manusia dan perekonomian yang besar.

Selain Indonesia, ada negara lain yang memiliki pertumbuhan ekonomi di atas perekonomiam global. Negara itu, yakni China dan India. 

"Indonesia, China, dan India memang pemimpin," ujarnya. 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: