BPK Ganjar Opini WTP untuk Laporan Keuangan Pemerintah

Rully Ramli ยท Rabu, 12 Juni 2019 - 17:23 WIB
BPK Ganjar Opini WTP untuk Laporan Keuangan Pemerintah

BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada 81 laporan keuangan Kementerian dan Lembaga (LKKL) dan satu laporan Bendahara Umum Negara (BUN). (Foto: iNews.id/Rully Ramli)

JAKARTA, iNews.id - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada 81 laporan keuangan Kementerian dan Lembaga (LKKL) dan satu laporan Bendahara Umum Negara (BUN). Untuk bidang keuangan negara pada bidang perekonomian dan perencanaan pembangunan nasional, BPK melalui Auditorat Utama Keuangan Negara II (AKN II) mengganjar opini WTP kepada 12 LKKL dan satu BUN.

"Seluruh K/L dan BUN yang ada di AKN II mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian, ini mengulangi yang terjadi tahun 2017," kata Anggota II BPK Agus Joko Pramono, di Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Agus menegaskan, dengan diberikannya predikat ini, tidak memberikan jaminan ke depannya laporan keuangan akan terus terjaga dengan baik. Menurut dia, hasil audit ini dapat digunakan K/L sebagai acuan untuk mengantisipasi tantangan ke depannya.

"Kelemahan sistem pengendalian intern yang terjadi di tahun sekarang akan kami asses tahun depan untuk kontrol dan sampelnya selalu seperti itu dan ini akan menyebabkan adanya pergeseran pergeseran atau fokus pemeriksaan ," tuturnya.

Ia mengaku bangga dengan usaha yang diberikan K/L untuk menjaga dan memperbaiki laporan keuangan tahunan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, hasil temuan BPK akan menjadi dorongan tersendiri bagi pemerintah untuk terus memperbaiki kinerja laporan keuangan. Ia memastikan bahwa pihaknya akan mempelajari hasil temuan dari BPK.

"Audit dan juga temuan BPK terus membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan pengelolaan negara dan juga pertanggungjawaban negara," ucapnya.


Editor : Ranto Rajagukguk