Buwas: Harga Beras Sekarang Sudah Mulai Turun

Rully Ramli ยท Selasa, 27 November 2018 - 22:19 WIB
Buwas: Harga Beras Sekarang Sudah Mulai Turun

Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik Budi Waseso. (Foto: iNews.id/Rully Ramli)

JAKARTA, iNews.id - Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) menyatakan, saat ini harga beras di pasar sudah mulai kembali normal. Harga beras medium sempat mengalami kenaikan karena stok jenis itu sempat menipis.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengklaim operasi pasar yang dilakukan berhasil menekan kenaikan harga beras di beberapa titik. Alhasil, masyarakat bisa membeli beras medium dengan harga yang terjangkau.

"Ya sekarang kan sudah mulai turun ya harga beras, kita juga sudah melakukan intervensi di pasar-pasar, termasuk di pasar induk cipinang. Di cipinang hari ini harga beras medium Rp9.225 (per liter)," kata Budi Waseso ditemui usai Rapat Koordinasi di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Selasa (27/11/2018).

Mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) itu juga mengatakan, pihaknya tidak hanya melakukan operasi pasar ketika harga beras menunjukan adanya kenaikan. Ia mengklaim telah melakukan operasi pasar setelah dirinya resmi ditunjuk sebagai Direktur Utama Perum Bulog.

"Ketika saya ditunjuk jadi Dirut saya selalu operasi pasar, karena saya mengikuti fluktuasi harga dari data yang dievaluasi BI (Bank Indonesia) setiap hari. Itu seluruh indonesia, jadi di kala ada satu daerah yang di Indonesia yang harganya naik, khususnya beras medium, itu kita langsung intervensi," tutur pria yang akrab disapa Buwas ini.

Akan tetapi, meskipun harga beras sudah mulai kembali ke angka normal, Buwas mengaku pihaknya masih belum bisa memenuhi target operasi pasar untuk menyalurkan beras sebanyak 15.000 ton per harinya.

"Hasil ratas (rapat terbatas)-nya kita diperintahkan untuk sehari 15.000. Tapi realisasi penyalurannya sampai hari ini bisa 3.000 saja, 3.000 per hari seluruh Indonesia," kata Buwas.

Ia berpendapat, rendahnya angka penyerapan di masyarakat menjadi salah satu faktor utama terhambatnya target operasi pasar. Menurut dia, saat ini kebutuhan masyarakat untuk beras medium masih cukup rendah.

Pemerintah sebelumnya memastikan stok pangan mencukupi jelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Stok akan dijaga sebaik mungkin sehingga harga pangan di pasar bisa dijangkau masyarakat. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak yang terkait untuk memastikan stok pangan tercukupi. Hal ini dilakukan guna mencegah kenaikan harga yang berpotensi menimbulkan kepanikan di masyarakat.

"Kita sudah mulai koordinasi kembali, tentunya kalau soal beras kita kan punya stok banyak banget," kata Darmin ditemui di gedung Ali Wardhana, Kemenko Perekonomian, Jumat (23/11/2018).

Editor : Ranto Rajagukguk