Covid-19, Luhut: Bank Dunia Bilang Butuh 5 Tahun Pulihkan Ekonomi

Djairan ยท Selasa, 02 Juni 2020 - 22:29 WIB
Covid-19, Luhut: Bank Dunia Bilang Butuh 5 Tahun Pulihkan Ekonomi

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 membuat banyak ekonomi negara-negara dunia tertekan. Pemulihan ekonomi diperkirakan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan mengatakan, negara butuh waktu bertahun-tahun agar ekonomi bisa kembali pulih seperti sebelum Covid-19.

“Tadi malam saya bicara hampir dua jam dengan World Bank di Washington, mereka menjelaskan dampak Covid-19 ini membuat suatu negara itu butuh waktu lima tahun untuk bisa memulihkan PDB-nya,” ujar Luhut, Selasa, (2/6/2020).

Luhut menjelaskan ekonomi secara global terpukul akibat Covid-19. China sebagai negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia nyaris lumpuh dan berefek kepada negara-negara lain.

Salah satunya sektor pariwisata di mana 163 juta wisatawan China tak bisa berpergian ke luar negaranya akibat Covid-19. Hal ini membuat sektor pariwisata menjadi yang pertama terdampak wabah.

“Itu berdampak secara global, mengakibatkan penurunan sektor pariwisata global, karena China ini sudah mengontrol kira-kira 18 persen ekonomi dunia. Jadi suka tidak suka kita, itu dampaknya besar sekali," kata Luhut.

Tak hanya pariwisata, sektor-sektor usaha lain juga ikut terdampak. Aktivitas pabrik di China yang terhenti akibat lockdown membuat harga-harga komoditas turun. Padahal, komoditas primer masih menjadi penopang ekspor Indonesia.

Situasi ini, kata Luhut, terlihat pada data pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal I-2020 yang sebesar 2,97 persen. Banyak negara bahkan pertumbuhan ekonominya negatif.

"Jadi jangan sampai nih kita pada bulan-bulan berikutnya (pertumbuhan ekonomi) turun di bawah angka nol," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah