Desember, Menteri PUPR Bakal Hapus 346.000 Jabatan PNS Eselon 4

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Selasa, 12 November 2019 - 15:02 WIB
Desember, Menteri PUPR Bakal Hapus 346.000 Jabatan PNS Eselon 4

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. (Foto: iNews.id/Isna Rifka Sri Rahayu)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan menghapus 346.000 jabatan eselon 4 di lingkungan Kementerian PUPR. Mereka nantinya akan menjadi tenaga fungsional.

"Nasional ada 346.000 itu yang mau dialihkan menjadi jabatan fungsional. Itu pusat dan daerah. Kalau di sini (pusat) ada 1.300 eselon 4," kata Menteri Basuki usai rapat kerja dengan Komisi V DPR Jakarta, Selasa (12/11/2019).

BACA JUGA:

Langkah Awal, Jokowi Minta Jabatan Eselon 4 Dihapus

Presiden Jokowi Akan Pangkas Jumlah Eselon PNS Jadi 2 Level

Dia mengatakan, penghapusan jabatan struktural akan diprioritaskan untuk eselon 4 seperti kepala subbidang, kepala seksi, dan sejenisnya. Setelah itu baru eselon 3 yang dibidik.

"Untuk penyederhanaan birokrasi ini kami paling duluan berkoordinasi dengan MenPan-RB, target kami Desember sudah selesai," ujar dia.

Kendati demikian, Menteri Basuki memastikan reformasi birokrasi ini tidak mengurangi gaji pokok karena golongannya tidak berubah. Dia memastikan penghapusan jabatan itu sama sekali tidak sama dengan aksi pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Bukan di-PHK tapi menjadikan pejabat struktural menjadi fungsional yang berdasarkan pada keahliannya," kata dia.

Untuk eselon 3, pria kelahiran Surakarta itu mengaku masih melakukan kajian dengan Kementerian PANRB. Namun, dia mengisyaratkan eselon 3 yang dihapus bersifat selektif.

"Presiden (Jokowi) kemarin menyampaikan dalam rapat kabinet, eselon 4 harus lebih dulu. Eselon 3 gampanglah, kita masih bisa berargumentasi mana yang perlu dan tidak. Itu semua harus selesai di Desember ini, karena kalau tidak kita menghambat pelaksanaan di lapangan,” tutur dia.


Editor : Rahmat Fiansyah