Dianugerahi Gelar HC ITB, Ini Resep Rahasia Menteri Basuki Tuntaskan Banyak Infrastruktur

Aditya Pratama ยท Kamis, 16 Januari 2020 - 16:30 WIB
Dianugerahi Gelar HC ITB, Ini Resep Rahasia Menteri Basuki Tuntaskan Banyak Infrastruktur

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

BANDUNG, iNews.id - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dianugerahi gelar doktor kehormatan (honoris causa/HC) dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Gelar tersebut diberikan lantaran Basuki dianggap berjasa di bidang infrastruktur.

Menteri Basuki senang karena hasil kerja kerasnya diapresiasi kampus ternama di Bandung. Dia memandang gelar tersebut diberikan bukan karena teori, namun praktik kerjanya selama ini di instansi pemerintahan.

Pria asal Surakarta tersebut mengungkapkan resep rahasia selama memimpin kementerian PUPR. Pertama, program kerja harus fokus dan berdampak besar bagi ekonomi. Kedua, program kerja harus dieksekusi secara cepat.

"Kemudian pelaksanaan yang cepat yang rock and roll tujuh hari seminggu 24 jam per hari tiga shift," katanya di Kampus Ganesa ITB, Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/1/2020).

Ketiga, lanjut Basuki, program kerja tidak hanya direncanakan dan dieksekusi, namun perlu diawasi secara ketat. Hal ini dinilainya penting supaya program bisa selesai tepat waktu dengan kualitas yang detail dan konsisten.

"Yang keempat, keamanan. Jadi, saya membangun komite komite komisi komisi keamanan bangunan, yang kelima itu pengambilan keputusan yang cepat," tuturnya.

Menteri Basuki menilai, poin kelima tak kalah krusial karena lambatnya pekerjaan seringkali akibat lambatnya pengambilan keputusan. Sebagai pejabat negara, dia memahami bahwa pemerintah tidak seharusnya terlalu memikirkan untung rugi ekonomi sepanjang berdampak positif bagi masyarakat luas.

"Kalau kita tidak menghitung untung ruginya pasti bukan karena pemborosan tapi kita juga harus melihat bukan hanya di uangnya saja tetapi dampaknya kepada masyarakat yang tidak bisa dihitung," ucap Basuki.

Sepanjang 2015-2019, Menteri Basuki telah menuntaskan banyak proyek infrastruktur mulai dari 1.500 kilometer jalan tol hingga 65 bandungan yang tersebar di seluruh Indonesia. Pencapaian tersebut terbilang luar biasa. Sebagai contoh, jalan tol yang dibangun sepanjang 1945-2014 hanya 780 km.

Editor : Rahmat Fiansyah