Dirut Garuda Dicopot, Menhub Sebut Direktur Keuangan Jadi Plt

Antara ยท Jumat, 06 Desember 2019 - 10:32 WIB
Dirut Garuda Dicopot, Menhub Sebut Direktur Keuangan Jadi Plt

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah mencopot Ari Askhara dari kursi Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Pencopotan ini karena dugaan keterlibatannya menyelundupkan suku cadang motor Harley Davidson dan sepeda Brompton.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, untuk sementara maskapai penerbangan itu dipimpin Direktur Keuangan Garuda Indonesia Tbk Fuad Rizal yang ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas. “Jadi sudah ada konfirmasi pelaksana tugas Dirut adalah Direktur Keuangan,” kata Budi Karya di Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Karena itu, dia menilai, untuk terkait pengawasan keselamatan penerbangan tidak masalah karena ditangani oleh Direktur Operasi dan Direktur Teknik. “Kalau safety (keselamatan) adalah domain Direktur Operasi dan Direktur Maintenance, jadi sudah sesuai dengan kualifikasi, tentu keamanan tidak bermasalah,” katanya.

Dugaan penyelundupan Harley-Davidson ini berpotensi pidana. Pasalnya, ada indikasi kuat aksi tersebut merupakan impor ilegal.

Erick Thohir mengatakan, penyelundupan yang dilakukan Ari Askhara merugikan negara. Nilai kerugian akibat penyelundupan tersebut mencapai Rp1,5 miliar.

"Kalau kerugian negara ini sudah menjadi faktor yang tidak hanya perdata tapi menjadi faktor pidana ini yang sangat memberatkan," kata Erick di Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Editor : Ranto Rajagukguk