Diskon Shopee Dorong Pembelian Produk Luar Negeri, Mendag: Kita Tidak Boleh Melarang

Rully Ramli ยท Senin, 14 Oktober 2019 - 17:14 WIB
Diskon Shopee Dorong Pembelian Produk Luar Negeri, Mendag: Kita Tidak Boleh Melarang

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (Foto: iNews.id/Rully Ramli)

JAKARTA, iNews.id - Platform e-commerce asal Singapura, Shopee mulai menggelar program kampanye diskon 11.11 selama hampir sebulan. Pemerintah memastikan bahwa selama gelaran acara ini tidak akan ada banyak produk luar negeri membanjiri pasar domestik.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan, produk impor yang akan masuk melalui program ini tidak akan terlalu banyak. Produk impor yang akan masuk pun dipastikan sudah sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

"Saya sudah tanya, barang impor single digit dan sesuai berbagai ketentuan. Mereka sudah melalui surat proses. Saya sudah tanyakan ke Bea Cukai," ujarnya di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Enggar mengakui produk impor sudah tidak bisa lagi dibatasi keberadaannya. Oleh karenanya, pemerintah perlu melakukan evaluasi pengawasan sekaligus standardisasi terhadap produk impor.

"Kita tidak boleh melarang, tetapi terutama menjamin konsumen bahwa barang-barang itu memenuhi persyaratan sesuai dengan standar yang ada," kata dia.

Selain memperkuat pengawasan, Enggar menilai perlu adanya perubahan pola pikir di masyarakat kepada produk-produk lokal. Masyarakat diminta untuk membeli produk dalam negeri.

"Belanja lah produk dalam negeri. Tanpa kesadaran itu tidak mungkin. Enggak mungkin melarang pembelanjaan online," ucap dia.


Editor : Ranto Rajagukguk