Diterapkan 2020, B30 Resmi Diuji Coba pada Kendaraan Diesel

Isna Rifka Sri Rahayu · Kamis, 13 Juni 2019 - 13:47 WIB
Diterapkan 2020,  B30 Resmi Diuji Coba pada Kendaraan Diesel

Menteri ESDM, Ignasius Jonan (kiri) didampingi Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar (kanan) saat meresmikan uji coba penggunaan B30 di Jakarta, Kamis (13/6/2019). (Foto: iNews.id/Isna Rifka Sri Rahayu))

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah melakukan uji jalan (road test) penggunaan biodiesel 30 persen (B30) pada kendaraan bermesin diesel. Uji coba ni merupakan kelanjutan dari program B20.

B30 merupakan bahan bakar nabati (BBN) campuran dari solar yang dicampur CPO kelapa 30 persen. BBN ini diharapkan dapat mengurangi impor solar.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, penerapan B30 ini diharapkan dapat mengurangi defisit neraca dagang yang selama ini terbebani oleh impor BBM. Seiring pembangunan infrastruktur jalan, konsumsi BBM masyarakat terus naik.

"Konsumsi BBM akan naik pelan tapi pasti. Sekarang impor minyak sehari setengah juta barel ya. Sebelum 2025 bisa-bisa impor 1 juta barel, naik dua kali," ujarnya di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Untuk mendukung kebijakan ini, Jonan mendorong Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) menyediakan FAME memadai yang berkualitas. Dia juga meminta Gaikindo untuk membuat mesin kendaraan yang mendukung B30.

"Komitmen ini yang penting, long-term commitment dari semua kayak Gaikindo, Aprobi juga bahwa kalau ini sekali jalan harus terus tersedia," kata dia.

Menurutnya, keberhasilan dari B30 bukan untuk mengejar waktu namun bagaimana mesin-mesin mobil dapat menerima B30 dengan baik tanpa mengurangi performa dan biaya yang dihabiskan saat ini.

*Produsen otomotif perlu meberikan masukan bagaimana B30 dapat digunakan di engine yang mereka produksi. Kalau B30 diterapkan performa engine dan biayanya tidak akan berubah banyak. Ini yang menurut saya penting," ucapnya.

Berdasarkan penerapan B20 kemarin, terdapat beberapa persoalan yang perlu diperbaiki dan diharapkan tidak terjadi pada penerapan B30. Dia meminta setiap badan usaha BBM memastikan FAME dan solar dicampur dengan benar.

"Masukan penerapan B20 yang saya terima, proses pencampuran atau pemurnian FAME-nya ke dalam minyak solar itu konsistensinya tidak selalu pas," tutur dia.

Road test ini diperkirakan selesai pada awal Oktober mendatang untuk kemudian hasil rekomendasinya diajukan ke pemerintah. Pemerintah menargetkan penggunaan B30 sudah dapat dilakukan pada 2020.


Editor : Rahmat Fiansyah