Donald Trump Dimakzulkan DPR AS, BI: Pengaruhnya Minimal

Aditya Pratama ยท Kamis, 19 Desember 2019 - 17:53 WIB
Donald Trump Dimakzulkan DPR AS, BI: Pengaruhnya Minimal

Gubernur Bank Indonesia

JAKARTA, iNews.id - Kongres AS memakzulkan Donald Trump dari posisinya sebagai Presiden AS. Meski begitu, keputusan itu masih perlu diloloskan Senat.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menilai, upaya pemakzulan Trump oleh Senat berpengaruh terhadap kondisi pasar keuangan global.

"Pengaruhnya ada, khususnya pergerakan nilai dari waktu ke waktu terutama jangka pendek. Impeachment atau pemakzulan itu dalam jangk pendeknya kondisi pasar keuangan global akan terpengaruh di nilai tukar," ujar Perry di Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Kendati demikian, Perry menyebut, dampak dinamika politik di Negeri Paman Sam cenderung sedikit. Pasalnya, pengaruh sentimen luar terhadap suatu negara tidak sekuat pengaruh dari fundamental ekonomi negara yang bersangkutan.

"Pengaruhnya ke suatu negara akan dipengaruhi seberapa baik ekonomi di suatu negara itu, di Indonesia itu pengaruhnya minimal yang kita pantau di pergerakan nilai tukar rupiah tidak kita lihat pengaruhnya yang signifiikan," katanya.

Meski begitu, Perry mengaku akan mewaspadai dinamika politik tersebut. Dia yakin kondisi ekonomi Indonesia cukup kuat ditopang oleh konsumsi rumah tangga, fiskal yang ekspansif, serta perbaikan ekspor.

"Secara keseluruhan, ekonomi Indonesia cukup baik, stabilitas terjaga inflasi stabil, surplus neraca modal yang besar dan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen itu memberikan ketahanan dari sisi ekonomi kita dari dampak global," ucap Perry.


Editor : Rahmat Fiansyah