Dorong Ekonomi, Menko Airlangga Siapkan 30 Program Prioritas Jangka Pendek

Ilma De Sabrini ยท Kamis, 07 November 2019 - 19:15 WIB
Dorong Ekonomi, Menko Airlangga Siapkan 30 Program Prioritas Jangka Pendek

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Humas Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto tengah menyiapkan sejumlah program, baik jangka pendek (quick wins) maupun jangka pendek. Program-program tersebut ditujukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi sesuai visi misi Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Jadi program dibagi atas program prioritas dan program jangka panjang. Kepada seluruh kementerian nanti programnya di-list dan akan diadakan pertemuan dengan eselon I," katanya di Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Menko Airlangga menyebut, seluruh program ini harus disiapkan oleh kementerian dalam sepuluh hari ke depan. Untuk jangka pendek, dia menyebut setidaknya ada 30 program prioritas, terutama yang menjadi fokus Presiden Jokowi.

"Kira-kira ada 30 target jangka pendek yang akan di-list dan dalam 10 hari kita akan selesaikan satu satu. Prioritas itu kita sudah punya 15 tetapi list-nya masih bertambah," ujarnya.

Di antara program prioritas itu, kata dia, terkait dengan Omnibus Law Perpajakan, Cipta Lapangan Kerja, UMKM, biodiesel 30 persen, hingga kalibrasi data di sektor pertanian.

"Terkait Kementan (Kementerian Pertanian)-BPS (Badan Pusat Statistik) sudah ada kesepakatan di mana bulan Desember ini data pertanian akan selesai," tutur Ketua Umum Partai Golkar itu.


Editor : Rahmat Fiansyah