Dukung Program Kesejahteraan Nelayan, KKP Gandeng Bank dan Asuransi BUMN

Muhammad Aulia ยท Senin, 27 Januari 2020 - 20:12 WIB
Dukung Program Kesejahteraan Nelayan, KKP Gandeng Bank dan Asuransi BUMN

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo saat memberikan bantuan kepada nelayan di Palembang, Sumatra Selatan, Senin (27/1/2020). (Foto: Humas KKP)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng Bank BRI, Bank Mandiri, dan Jasindo. Kemitraan tersebut untuk mendukung program-program pemberdayaan nelayan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan, kerja sama dengan ketiga BUMN itu untuk mendukung pembangunan subsektor perikanan tangkap. Tujuan utamanya, kata dia, untuk kesejahteraan nelayan.

“Saya sangat mengapresiasi dukungan positif ini untuk kemakmuran nelayan di Indonesia, sesuai visi misi Presiden yang diamanahkan selain membangun komunikasi dengan nelayan juga memberikan perlindungan dan pemberdayaan nelayan untuk meningkatkan kesejahteraannya,” kata Edhy melalui keterangan tertulis, Senin (27/1/2020).

Dirjen Perikanan Tangkap KKP M Zulficar menambahkan, KKP akan terus menjalin kolaborasi dengan stakeholder untuk mendongkrak produktivitas perikanan tangkap.

Di sektor perikanan tangkap, kata Zulficar, KKP akan fokus memperbaiki komunikasi dengan nelayan, penyederhanaan perizinan, pengembangan pelabuhan perikanan, pengaturan penangkapan ikan sampai ZEE dan laut lepas serta perlindungan dan pemberdayaan nelayan untuk peningkatan pendapatan nelayan.

“Pemerintah terus melakukan inovasi, akhir tahun 2019 lalu DJPT KKP telah membuat gebrakan dalam menyederhanakan perizinan perikanan tangkap yang semula butuh 14 hari kerja kini bisa dilakukan 1 jam secara online melalui sistem informasi izin layanan cepat (SILAT),” ujar dia.

Editor : Rahmat Fiansyah