Edhy Prabowo Berjuang Upayakan Kembali Ekspor Kerang ke Uni Eropa

Muhammad Aulia · Selasa, 04 Februari 2020 - 19:01 WIB
Edhy Prabowo Berjuang Upayakan Kembali Ekspor Kerang ke Uni Eropa

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. (Foto: iNews.id/Muhammad Aulia)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo terus berupaya agar Indonesia bisa kembali mengekspor komoditas kerang ke Uni Eropa. Saat ini upaya tersebut terganjal karena pertimbangan faktor pencemaran lingkungan.

Menurut Edhy, pihaknya masih mengkaji kembali berbagai hal teknis yang membuat kerang asal Indonesia tak bisa masuk ke Uni Eropa. Pasalnya, aturan ini tetap dikenakan ke Indonesia meski dua negara yang sebelumnya juga terkena larangan ekspor seperti Kamboja dan Thailand sudah diperbolehkan kembali mengekspor kerang ke Uni Eropa.

"Kita mau cari tahu masalahnya apa, bagaimana jalan keluarnya. Ini kan sudah lama dan harusnya ini kita segera selesaikan biar kita bisa masuk ekspor (ke) Uni Eropa," kata Edhy di Gedung Mina Bahari III Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Jakarta, Selasa (04/02/2020).

Selain itu, pihaknya juga sedang melakukan lobi dengan pihak-pihak terkait untuk dapat merealisasikan kembali ekspor kerang ke Uni Eropa. "Kami terus melakukan lobi. Kami minta BKIPM (Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan) aktif, karena yang menentukan kualitas produk ini juga BKIPM salah satunya yang merilis termasuk budidaya dan riset. Kami meminta untuk mem-backup datanya. Jadi semua potensi akan kami lakukan," ujar Edhy.

Perlu diketahui, negara-negara di kawasan Eropa hingga saat ini masih enggan menangguhkan larangan impor komoditas kerang dari Indonesia. Hal ini disebabkan karena komoditas kerang asal Indonesia terkontaminasi zat merkuri.

Negara-negara Eropa tersebut juga mengenakan tarif terhadap olahan ikan dari Indonesia yang pada akhirnya cukup memperumit masalah yang ada.


Editor : Ranto Rajagukguk