Edhy Prabowo Singgung Anggaran KKP yang Terus Turun

Muhammad Aulia ยท Selasa, 04 Februari 2020 - 13:53 WIB
Edhy Prabowo Singgung Anggaran KKP yang Terus Turun

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. (Foto: iNews.id/Muhammad Aulia)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyinggung anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang terus turun. Dia menyebut, anggaran KKP saat ini hanya cukup untuk mendukung 10 persen dari program nasional KKP.

Edhy mengungkapkan anggaran KKP untuk 2020 sekitar Rp.6,5 triliun. Angka ini menurun bila dibandingkan anggaran 2019 sebesar Rp11 triliun. Edhy yang sebelumnya menjabat sebagai anggota DPR menyebut legislatif awalnya hanya akan mengalokasikan Rp4,5 triliun.

"Anggaran KKP tahun ini Rp6,5 triliun. Kita (KKP) pernah dapat anggaran Rp.11 triliun, saya saksi waktu itu, tiba-tiba berangsur turun sampai Rp5 triliun. Tadinya mau dikasih DPR Rp4,5 triliun, tapi Dirjen, Sekjen fight berjuang akhirnya dapat Rp.6,5 triliun," ujarnya di Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Edhy mengaku sedikit menyesal karena tidak memperjuangkan kenaikan anggaran KKP saat menjadi anggota DPR. Apalagi tahu dirinya sekarang menjadi menteri.

"Kalau dulu tahu jadi Menteri KKP, saya bisa minta anggaran Rp15 triliun saja sekalian," kata Edhy.

Kendati anggaran 'terbatas', Edhy tetap mendorong anak buahnya mengoptimalkan pagu yang ada. Pasalnya, APBN bisa tetap berperan sebagai daya ungkit terhadap ekonomi, termasuk menarik minat swasta untuk berinvestasi.

"Nah kita beri contoh kepada pelaku usaha, dengan anggaran yang terbatas bisa menentukan program prioritas, menunjuk daerah yang lebih rajin. Dengan demikian, swasta pun akan ikut. Negara pun memberikan kesejukan," tutur Edhy.

Politikus Partai Gerindra itu memahami alokasi anggaran KKP saat ini tentu sudah melalui sistem penganggaran yang berlaku dari Bappenas.


Editor : Rahmat Fiansyah