Ekonom Sebut BI Punya Ruang untuk Pangkas Suku Bunga

Rina Anggraeni ยท Kamis, 17 September 2020 - 08:45 WIB
Ekonom Sebut BI Punya Ruang untuk Pangkas Suku Bunga

Pengamat ekonomi Indef, Bhima Yudhistira Adinegara. (Foto: iNews.id/Rully Ramli)

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) mengumumkan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (7DRRR) sore ini. Saat ini, suku bunga berada di level 4 persen.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira menilai, bank sentral berpeluang menurunkan suku bunga sebesar 25 basis point (bps). BI dinilai masih memiliki ruang untuk melonggarkan moneter.

"Diperkirakan akan melakukan pemangkasan 25 bps untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan meringankan beban debitur khususnya saat terjadi pengetatan pembatasan sosial berskala besar (PSBB)," kata Bhima saat dihubungi, Kamis (17/6/2020).

Menurut Bhima, penurunan suku bunga penting sebagai disinsentif bagi masyarakat yang menyimpan uang. Dia menyebut, simpanan dengan nominal di atas Rp5 miliar terus meningkat sejak awal pandemi Covid-19. Situasi ini dikhawatirkan menghambat pergerakan sektor riil.

"Oleh karena itu bunga acuan yang rendah bisa memberikan disinsentif bagi deposan untuk mengeluarkan uang yang parkir di bank dan mulai berinvestasi di sektor riil," ujar Bhima.

Editor : Rahmat Fiansyah