Ekonomi Global Melambat, Jokowi: Manfaatkan Kesulitan untuk Bangkit

Rully Ramli ยท Jumat, 16 Agustus 2019 - 14:59 WIB
Ekonomi Global Melambat, Jokowi: Manfaatkan Kesulitan untuk Bangkit

Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kondisi perekonomian global sampai saat ini masih diliputi dengan ketidakpastian. Hal ini kemudian menyebabkan adanya perlambatan perekonomian global.

Meskipun demikian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan Indonesia mampu mengatasi isu ini. Indonesia disebut perlu untuk memaksimalkan seluruh peluang yang ada dari ketidakpastian ekonomi global yang terjadi saat ini.

"Kita manfaatkan kesulitan sebagai kekuatan untuk bangkit, untuk tumbuh, untuk Indonesia Maju," kata dia dalam pembacaan Nota Keuangan di Gedung MPR-DPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Oleh karenanya, salah satu upaya yang akan dilakukan ialah dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Hal ini sejalan dengan tema yang diusung dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020, 'APBN untuk Akselerasi Daya Saing melalui Inovasi dan Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia'.

"SDM yang berkualitas merupakan modal penting memasuki era ekonomi berbasis digital," ujarnya.

Mantan Wali Kota Solo Jawa Tengah itu memastikan, pemerintah sudah menyiapkan program-program prioritas untuk merealisasikan hal tersebut. Pengembangan kualitas SDM juga dinilai penting untuk memaksimalkan bonus demografi yang akan segera dihadapi Indonesia.

"Kita bangun generasi bertalenta yang berkarakter dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi," ucap dia.


Editor : Ranto Rajagukguk