Erick Thohir Mundur dari ABBA dan MARI, Fokus Pimpin Kementerian BUMN

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Kamis, 24 Oktober 2019 - 10:23 WIB
Erick Thohir Mundur dari ABBA dan MARI, Fokus Pimpin Kementerian BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Erick Thohir resmi menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) periode 2019-2024, menggantikan posisi Rini Soemarno. Sehari sebelum diperkenalkan dan dilantik, dia memutuskan untuk mundur dari jabatannya di Mahaka.

Pengunduran diri tersebut disampaikan melalui surat tertanggal 22 Oktober 2019. Setelah menerima surat pengunduran diri, PT Mahaka Media Tbk (ABBA) dan PT Mahaka Radio Integra (MARI) mengunggah perihal hal itu di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (23/10/2019). 

Laporan keterbukaan informasi itu ditembuskan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lewat persetujuan Adrian Syarkawi, selaku Direktur Utama ABBA dan MARI. "... menyampaikan keterbukaan informasi bahwa Perseroan telah menerima surat permohonan pengunduran diri Bapak Erick Thohir dari jabatannya sebagai Komisaris Utama Perseroan," kata Adrian dalam keterbukaan informasi, yang dikutip Kamis (24/10/2019).

Keputusan pengunduran diri Erick telah sesuai dengan Pasal 9 Peraturan OJK No 33 Tahun 2014 yang membahas tentang Direksi dan Dewan Komisaris emiten atau perusahaan publik. Perusahaan wajib menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk memutuskan pengunduran diri paling lama 90 hari setelah surat Erick diterima. 

Saat memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara beberapa hari lalu, Erick mengaku siap meninggalkan jabatannya di Mahaka jika diberi penugasan menjadi Menteri. Meski berat, Erick menganggap tugas yang akan diberikan merupakan amanah untuk mengabdi kepada negara.

“Memang sih cukup berat buat saya secara pribadi. (Tapi) ya itu rahasia Allah ya,” ujar Erick.

Erick Thohir merupakan pengusaha kelahiran Jakarta, 30 Mei 1970. Erick juga dikenal sebagai pendiri Mahaka Group yang bergerak dalam bisnis media dan entertainment. Erick meraih gelar sarjananya dari Glendale University, Amerika Serikat, kemudian lulus program master untuk Bisnis Administrasi dari Universitas Nasional California, Amerika Serikat pada tahun 1993.

Keterlibatan Erick dalam bisnis media terlihat dari rekam jejaknya yang terlibat di beberapa perusahaan antara lain Jak TV, Gen FM, Delta FM dan Female Radio. Erick Thohir juga pernah menjabat sebagai Ketua Komite Konten dan Industri Aplikasi Kamar Dagang Industri (Kadin).

Erick Thohir juga dikenal sebagai Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committe (INASGOC), badan yang sukses mengelola perhelatan Asia Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 2018. Setelah sukses memimpin penyelenggaraan Asian Games 2018, Erick Thohir kemudian diberi kepercayaan menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf.


Editor : Ranto Rajagukguk