Eselon Dipangkas, Jokowi: Ganti dengan Artificial Intelligence

Okezone ยท Kamis, 28 November 2019 - 14:28 WIB
Eselon Dipangkas, Jokowi: Ganti dengan Artificial Intelligence

Artifical Intelligence. (Foto: ilustrasi/AFP)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan komitmen untuk mereformasi birokrasi. Salah satunya dengan mengurangi jabatan eselon dan menggantinya dengan robot.

Jokowi mengatakan pemerintah akan memangkas eselonisasi mulai tahun depan. Tujuannya untuk mempercepat kinerja pemerintah sehingga tak terlalu birokratis.

"Tahun depan akan kita lakukan pengurangan eselon, kita punya eselon I, II, III, IV. Yang III dan IV ini akan kita potong," ujarnya di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Nantinya, kata Presiden, pejabat eselon III dan IV yang dipindah menjadi pejabat fungsional akan digantikan dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Permintaan ini sudah disampaikan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo.

"Saya sudah perintahkan kepada MenPAN untuk mengganti dengan AI. Kalau diganti dengan artificial intelligence, birokrasi kita akan lebih cepat," ujarnya.

Kendati demikian, mantan wali kota Solo itu mengatakan, rencananya penyederhanaan birokrasi tergantung pada DPR. Pasalnya, kebijakan ini masuk dalam Omnibus Law.

"Tapi ini masih tergantung dari persetujuan DPR kita, kalau itu disetujui akan ada perubahan besar," ucapnya.(Giri Hartomo)

Editor : Rahmat Fiansyah