Gandeng Bekraf, Ikapi Gelar Pameran Buku IIBF pada September 2019

Rully Ramli ยท Rabu, 06 Maret 2019 - 21:32 WIB
Gandeng Bekraf, Ikapi Gelar Pameran Buku IIBF pada September 2019

Ketua Panitia IIBF 2019 Djadja Subagdja. (Foto: iNews.id/Rully Ramli)

JAKARTA, iNews.id - Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar pameran Indonesia Internasional Book Indonesia (IIBF) 2019. Pameran buku ini akan kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada 4-8 September 2019.

Ketua Panitia IIBF 2019 Djadja Subagdja mengatakan, bahwa ini adalah kali ke-39 pameran dilaksanakan, sejak 1980. Untuk tahun ini, pameran menargetkan sekitar 150.000 kunjungan.

"Tahun lalu pengunjungnya sekitar 80.000 dengan penyelenggaraan lima hari, pengunjung paling banyak biasanya hari sabtu dan minggu," ujar Djadja, di Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Djadja menambahkan, pameran buku akan dimeriahkan beberapa rangkaian acara, seperti, Ikapi awards, seminar dengan tema literasi, lomba untuk para siswa sekolah, wisata literasi untuk pelajar, talkshow, peluncuran buku, temu penulis, bursa naskah dan Indonesia Right Fair.

Salah satu titik yang dijadikan sarana untuk menarik pengunjung selama pameran adalah Zona Kalap. Di Zona Kalap, pengunjung akan mendapatkan buku dengan potongan harga yang cukup signifikan. Bahkan, untuk tahun lalu zona ini mampu menghasilkan angka pembelian yang cukup fantastis.

"Di zona kalap itu yang didiskon besar-besaran, kalau tidak salah penjualan mencapai Rp1,5 miliar. Itu pasti banyak sekali, karena harga bukunya murah," katanya.

Dengan skala internasional, pameran ini diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi para penerbit lokal untuk bekerja sama dengan penerbit internasional. Djadja menargetkan, tahun ini akan ada 25 negara asing yang ikut berpartisipasi dalam acara ini.

"Sampai hari ini, sudah ada lebih dari lima penerbit internasional yang sudah berkomitmen. Padahal, acara baru diluncurkan hari ini," ujarnya.


Editor : Ranto Rajagukguk