Genjot Ekspor, Indonesia Tuntaskan Perundingan Dagang dengan Uni Eropa

Ferdi Rantung ยท Sabtu, 03 April 2021 - 18:31:00 WIB
Genjot Ekspor, Indonesia Tuntaskan Perundingan Dagang dengan Uni Eropa
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. (Foto: Humas Kemendag)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia dan Uni Eropa telah menuntaskan Putaran ke-10 perundingan Indonesia-European Union (IEU) CEPA. Kedua belah pihak optimistis perjanjian ini segera selesai.  

Wamendag Jerry Sambuaga mengatakan, bagi Indonesia perundingan ini penting karena membuka potensi pada tiga hal, yaitu peningkatan ekspor, dukungan bagi industri dalam negeri dan peningkatan investasi. Dia menilai, ada peluang yang cukup besar dari IEU-CEPA untuk peningkatan ekspor.

"Berdasarkan studi CSIS, dengan IEU-CEPA, ekspor Indonesia bisa meningkat 5,4 persen," katanya di Jakarta, Sabtu (3/4/2021).

Menurut Jerry, Indonesia harus mampu berkompetisi dengan Vietnam lewat perjanjian perdagangan. Selama ini, beberapa produk andalan Indonesia memang bersaing ketat dengan negara-negara ASEAN maupun negara lain di kawasan Amerika Selatan dan Afrika. 

Sebagai contoh adalah produk kelapa sawit dan turunannya, buah tropis, tekstil, kertas, pakaian, alas kaki dan lain-lain. Tanpa pengamanan perdagangan melalui perjanjian khusus, hambatan tarif dan non-tarif produk Indonesia ke Uni Eropa akan diberlakukan dengan ketat.

Keuntungan kedua dari penyelesaian IEU-CEPA adalah meningkatnya industri dalam negeri. Menurut Jerry, kebangkitan industri sangat dipengaruhi oleh akses perdagangan yang luas. 

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2