Harga Minyak Mentah WTI Turun 10 Hari Berturut-Turut

Rully Ramli ยท Sabtu, 10 November 2018 - 12:27 WIB
Harga Minyak Mentah WTI Turun 10 Hari Berturut-Turut

ilustrasi. (Foto: AFP)

NEW YORK, iNews.id - Harga minyak mentah dunia kembali melemah pada perdagangan Jumat (9/11/2018). Penurunan tersebut disebabkan oleh kekhawatiran pelaku pasar terhadap turunnya permintaan global.

Dilansir CNBC, harga minyak mentah Amerika Serikat (AS), West Texas Intermediate (WTI) turun sepuluh hari berturut-turut. Penurunan tersebut membuat WTI masuk tren pelemahan sekaligus menghapus kenaikan yang diperoleh dalam setahun terakhir.

Berdasarkan data Refinitiv, penurunan selama sepuluh hari berturut-turut merupakan yang terpanjang sejak pertengahan 1984.

Harga minyak mentah WTI tercatat kembali turun 48 sen menjadi 60,19 dolar AS per barel, terendah dalam sembilan bulan terakhir. Sepekan, harga minyak mentah WTI juga turun untuk lima minggu berturut turut.

"Pasar (minyak) saat ini tidak ketat. Saya rasa ada celah dimana Anda bisa menganggap itu ketat, tapi saya rasa pasar tidak ke arah itu. Pada kenyataannya, kita hidup di sebuah dunia di mana produksi (minyak) berlebihan dan (minyak) kita surplus," kata Kepala Riset Migas EMEA, Christian Malek, dikutip Sabtu (10/11/2018).

Selain WTI, minyak mentah Brent juga turun 39 sen, menjadi 70,26 dolar AS, terendah dalam sembilan bulan terakhir. Brent melemah sembilan kali dalam sepuluh sesi terakhir. Kendati demikian, harga minyak mentah yang diperdagangkan di bursa London itu masih naik 4,5 persen sejak awal 2018.

Penurunan kedua benchmark harga minyak ini di luar perkiraan. Pasalnya, harga minyak awalnya diprediksi makin menjulang di tengah keputusan AS memberikan sanksi terhadap Iran minggu ini. 


Editor : Rahmat Fiansyah