Harga Tiket Pesawat Mahal, Menkeu Minta K/L Hemat Perjalanan Dinas

Rully Ramli ยท Rabu, 12 Juni 2019 - 21:06 WIB
Harga Tiket Pesawat Mahal, Menkeu Minta K/L Hemat Perjalanan Dinas

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Harga tiket pesawat yang mahal dalam setahun terakhir menjadi perbincangan hangat di publik. Bahkan, masyarakat rela menahan penggunaan moda transportasi udara itu karena banderol tiket yang sudah tidak terjangkau.

Menanggapi realita itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta seluruh Kementerian dan Lembaga (K/L) untuk melakukan efisiensi dalam perjalanan dinas. Hal itu berkaitan dengan mahalnya tiket pesawat.

"Sebetulnya dari keseluruhan belanja KL untuk perjalanan dinas itu kita minta diefisienkan. Jadi mungkin kalau kenaikan tarif dari tiket-tiket tentu nanti akan terlihat," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengaku sudah berpesan terkait anjuran efisiensi tersebut. Bukan hanya dari sisi perjalanan dinas, tapi juga belanja barang.

Dari sisi belanja anggaran sendiri, Sri Mulyani mengatakan, dampak dari kenaikan tiket pesawat akan terlihat dari laporan penggunaan anggaran setiap K/L.

Menurut dia, bisa saja belanja untuk perjalanan dinas di masing-masing K/L bisa diminimalkan dengan penghematan di pos belanja yang lain.

"Jadi mungkin mereka juga akan melakukan efisiensi biasanya, kalau ada kenaikan di satu sisi tapi kemudian mereka melakukan efisiensi di tempat lain," ucapnya.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya menyebutkan kenaikan harga tiket pesawat sejak awal tahun, memberikan kontribusi cukup tinggi terhadap angka inflasi tahunan 2019 sampai dengan Juni, yaitu sebesar 0,30 persen dari 3,32 persen.


Editor : Ranto Rajagukguk