Harga Tiket Turun, Jumlah Penumpang Pesawat Domestik Mulai Naik

Rully Ramli ยท Senin, 02 September 2019 - 16:03 WIB
Harga Tiket Turun, Jumlah Penumpang Pesawat Domestik Mulai Naik

Pesawat. (Foto: ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Penurunan harga tiket pesawat berdampak positif pada kenaikan jumlah penumpang. Sepanjang Juli 2019, penumpang pesawat domestik mencapai 7,54 juta orang.

Angka tersebut naik 1,5 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 7,03 juta orang. Namun, angka tersebut masih jauh lebih rendah dibandingkan Juli 2018 yang mencapai 8,96 juta orang.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto mengatakan kenaikan jumlah penumpang secara bulanan disebabkan oleh turunnya harga tiket pesawat.

"Ada kebijakan penurunan tarif batas atas (TBA). Ini menyebabkan terjadinya kenaikan jumlah penumpang dibanding bulan sebelumnya," katanya di Jakarta, Senin (2/9/2019).

Menurut dia, kenaikan jumlah penumpang itu tidak terlepas dari kebijakan yang diambil pemerintah. Selain TBA turun, strategi memberikan harga diskon untuk rute dan jadwal tertentu cukup ampuh menarik penumpang.

Data BPS menunjukkan, kenaikan jumlah penumpang tertinggi terjadi di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng yang naik 11,54 persen. Kemudian, disusul Bandara Juanda Surabaya yang tumbuh 2,17 persen.

Pria yang kerap disapa Kecuk itu menyebut, tarif angkutan udara terus turun dalam beberapa bulan terakhir. Pada Agustus, harga rata-rata tiket pesawat memberikan andil terhadap inflasi minus 0,11 persen.


Editor : Rahmat Fiansyah