Hindari Arus Puncak, Pemudik Diminta Tak Balik ke Jakarta Hari Minggu

Antara ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 11:50 WIB
Hindari Arus Puncak, Pemudik Diminta Tak Balik ke Jakarta Hari Minggu

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi. (Foto: iNews.id/Wildan Hidayat)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau para pemudik untuk menghindari perjalanan pulang pada Minggu (2/8/2020). Hari itu merupakan arus puncak dari libur panjang Lebaran Idul Adha.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi mengatakan, hari terakhir libur panjang diprediksi terjadi lonjakan kendaraan.

"Dalam kondisi seperti ini untuk menghindari kemacetan di hari Minggu saya mengimbau masyarakat yang bepergian ke Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk kembali lebih cepat agar menghindari kemacetan di hari Minggu," katanya, Sabtu (1/8/2020).

Budi mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan mudik mengatur rencana perjalanan dengan baik. Dia menganjurkan perjalanan arus balik dilakukan selain Minggu besok.

"Demi menjaga kesehatan dan memulihkan energi masyarakat sebelum kembali beraktivitas pada keesokan harinya," ujar Budi.

Selain itu, dia meminta agar masyarakat tetap menjaga imunitas tubuh sekaligus mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Kemenhub mencatat terjadi kepadatan arus mudik sejak Senin (27/7/2020). Saat itu, volume kendaraan naik 0,3 persen (123.764 kendaraan). Kemudian pada 28 Juli ada kenaikan 7,4 persen (132.494) dan 18 persen (145.596) pada 29 Juli.

Editor : Rahmat Fiansyah