Hindari Penipuan, YLKI Sarankan Belanja Online di Platform E-Commerce

Ferdi Rantung ยท Kamis, 03 September 2020 - 15:23:00 WIB
Hindari Penipuan, YLKI Sarankan Belanja Online di Platform E-Commerce
Pandemi Covid-19 membuat terjadi pergeseran perilaku dalam berbelanja. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 membuat terjadi pergeseran perilaku dalam berbelanja. Masyarakat lebih cenderung berbelanja online dibandingkan dengan konvensional.

Kondisi itu ternyata dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, dengan menipu konsumen tersebut. Untuk menghindari  penipuan, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi memberikan tips dalam berbelanja online. 

Pertama, konsumen harus berbelanja di platform resmi seperti e-commerce bukan media sosial (medsos). "Hindari berbelanja dari instagram atau pun facebook. karena rentan penipuan. Sebab banyak akan tidak jelas," katanya dalam peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2020 secara virtual, Kamis (3/9/2020).

Selain itu, lanjut Tulus, meski berbelanja di platform resmi konsumen juga harus berhati-hati. Sebab, ada oknum yang mengajak transaksi di luar sistem yang ada di platform tersebut.

"Jika diajak transaksi lewat japrian, itu tendensi pasti penipuan. Dengan menyuruh transfer uang ke rekening pelaku," tuturnya.

Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dan menggunakan jalur sistem transaksi yang resmi. Dengan begitu, baik uang dan barangnya mudah dilacak.

Editor : Ranto Rajagukguk