HT: Kalau Hasil Pemilu Baik, Investasi Banyak Masuk

Rully Ramli ยท Kamis, 14 Februari 2019 - 14:38 WIB
HT: Kalau Hasil Pemilu Baik, Investasi Banyak Masuk

Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo. (Foto: iNews.id/Rully Ramli)

JAKARTA, iNews.id - Tahun politik diperkirakan sedikit membuat investor menahan investasinya. Pasalnya, investor cenderung bersikap wait and see sampai pemilihan umum (Pemilu) usai digelar.

Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) menjelaskan, setelah ada hasil Pemilu, iklim investasi akan berjalan seperti biasanya. Karena itu, jika hasil Pemilu baik, maka investasi besar akan segera masuk ke Indonesia.

"Tahun 2019 ini banyak faktor yang memengaruhi. Tentunya Pemilu ya. Kalau hasil pemilu baik, investasi pasti banyak yang masuk," ujar HT dalam dalam forum Investor Gathering and Corporate Forum 2019, di iNews Tower, Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Selain pemilu 2019, HT menilai sentimen dari eksternal akan cukup berpengaruh terhadap kondisi pasar dalam negeri. Kondisi ini terutama berkaitan dengan kebijakan negara-negara maju, terutama Amerika Serikat (AS).  

"Kemudian saya lihat masalah internasional akan banyak pegang peranan. Tapi betul Donald Trump (Presiden AS) kebijakannya bukan free market lagi, tapi protectionism," kata HT.

Meskipun begitu, dia menilai kebijakan proteksionisme dagang AS diperkirakan tidak begitu berpengaruh besar terhadap perekonomian nasional. Pasalnya, surplus perdagangan dengan AS memang tidak begitu besar.

"Kita surplus ke Amerika cuma 10 miliar dolar AS, tidak terlalu signifikan," ucap HT.

HT menekankan kepada investor untuk meningkatkan intensitas investasi di pasar keuangan, apabila pemilu berlangsung baik. Ia juga memproyeksikan ada banyak perusahaan yang akan go public.

"Pandangan secara umum kalau hasil Pemilu bagus, harus lebih banyak investasi di pasar modal. Akan ada banyak IPO nantinya," ujar HT.


Editor : Ranto Rajagukguk