Ibu Kota Baru Dipastikan Bebas Banjir, Ini Penjelasan Menteri Basuki

Muhammad Aulia ยท Jumat, 03 Januari 2020 - 19:06 WIB
Ibu Kota Baru Dipastikan Bebas Banjir, Ini Penjelasan Menteri Basuki

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. (Foto: Humas PUPR)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) basuki Hadimuljono menegaskan Ibu Kota Negara (IKN) baru akan bebas banjir. Hal ini didasari oleh faktor sejarah, di mana wilayah IKN baru belum pernah memiliki sejarah banjir.

"Pertama secara paleo hidrologi, kalau dari sejarah hidrologinya tidak ada banjir di sana, bencana juga minim," ucap Menteri Basuki di Jakarta, Jumat (3/1/2020).

Meski demikian, Basuki mengakui bencana banjir dapat terjadi apabila terjadi perubahan lingkungan yang cukup drastis. "Tapi kalau terjadi perubahan environment, bisa banjir," ucap Basuki.

Sebagai langkah antisipasi, Basuki mengungkapkan desain IKN baru nantinya masih memiliki ruang terbuka hijau yang cukup luas sebagai daerah resapan air ketika musim penghujan tiba. "70 persen dari desain tadi masih berupa (lahan) hijau," tutur Basuki.

Berdasarkan pengamatan Basuki, Nagari Rimba Nusantara sebagai pemenang sayembara desain IKN baru memiliki konsep pembangunan kota yang dikelilingi air. "Jadi walaupun tidak dikelilingi laut, tapi dikelilingi oleh air," ujarnya.

Saat ditanya mengenai tata wilayah rumah penduduk di IKN baru, Basuki mengungkapkan pemerintah telah memiliki kalkulasi mengenai perkiraan kapasitas jumlah penduduk yang dapat tinggal di IKN baru.

"Sudah dihitung berapa (perkiraan) jumlah penduduk yang akan ada di situ. 2,75 juta, lalu kalau bertambah akan diperluas kluster dan daerah-daerah satelit," katanya.

Editor : Ranto Rajagukguk