Ibu Kota Baru Pengganti Jakarta Dijamin Bebas Banjir

Antara ยท Kamis, 01 Agustus 2019 - 20:32 WIB
Ibu Kota Baru Pengganti Jakarta Dijamin Bebas Banjir

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Bambang PS Brodjonegoro (kiri) saat berbincang dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono (kanan). (Foto: Humas Bappenas)

JAKARTA, iNews.id - Ibu kota negara baru dipastikan berada di Kalimantan. Kota pengganti Jakarta nantinya dijamin bebas dari banjir.

"Kita sudah siapkan masterplan dan desain kota," ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Bambang PS Brodjonegoro di Jakarta, Kamis (1/8/2019).

BACA JUGA:

Dibagi 3 Tahap, Pemindahan Ibu Kota RI ke Kalimantan Berlangsung hingga 2045

Agustus, Lokasi Ibu Kota Baru Pengganti Jakarta Diumumkan Presiden Jokowi

Dia mengatakan, pemerintah tengah mengkaji secara mendalam agar persoalan banjir yang kerap terjadi di Jakarta tidak terulang di ibu kota yang baru. Kuncinya, kata dia, ada pada sistem drainase.

"Drainase akan jadi perhatian utama agar ibu kota baru tidak banjir," ucapnya.

Mantan menteri keuangan itu menilai, penyebab banjir di Indonesia bukan karena iklim, melainkan sistem infrastruktur, terutama drainase yang buruk. Di ibu kota baru, sistem ini akan disesuaikan dengan karakteristik masing-masing wilayah dan potensi luapan populasi.

"Semua harus dipersiapkan dengan baik, agar warga pun nyaman karena fasilitas yang ada," kata dia.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengaku telah meninjau sumber air di wilayah yang menjadi calon ibu kota baru.

"Kami sudah menguji water resources dan menemukan ada dua potensi bendungan yang bisa dibangun di sekitar pusat kota," katanya.


Editor : Rahmat Fiansyah