Instruksi Jokowi, Benteng Pendem Ngawi Direvitalisasi

Rina Anggraeni ยท Rabu, 06 Januari 2021 - 12:15:00 WIB
Instruksi Jokowi, Benteng Pendem Ngawi Direvitalisasi
Benteng Pendem, Ngawi, Jawa Timur. (Foto: PUPR)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menata kawasan pusaka Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem di Ngawi, Jawa Timur. Penataan itu sesuai instruksi Presiden Jokowi usai meninjau bangunan berserjarah itu.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan konsep revitalisasi Benteng Pendem disesuaikan dengan fungsi kota sebagai kota tujuan wisata dengan keselarasan lingkungan. Selain itu, kearifan lokal juga akan dipertahankan dengan melibatkan pemerintah Daerah. 

"Revitalisasi Benteng Pendem yang dilakukan Kementerian PUPR tetap mengedepankan prinsip-prinsip pelestarian bangunan gedung cagar budaya," kata Basuki melalui keterangan tertulis, Rabu (6/1/2021).

Destinasi wisata heritage yang berada di Kelurahan Pelem, Ngawi ini dikenal memiliki bangunan bersejarah dengan arsitektur bergaya Eropa. Bangunan bersejarah tersebut merupakan benteng peninggalan Belanda yang dahulunya berfungsi sebagai pusat pertahanan, gudang peluru, dan barak pasukan. 

"Saat ini kondisinya terlihat memprihatinkan dan minim perawatan. Dinding bangunan utama yang berada di kawasan tersebut rusak dan kusam, serta beberapa bagian bangunan juga hilang," tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda