Jadi Negara Maju Tahun 2045, Bappenas: Pertumbuhan Ekonomi RI Minimal 6 Persen

Suparjo Ramalan · Kamis, 29 April 2021 - 15:18:00 WIB
Jadi Negara Maju Tahun 2045, Bappenas: Pertumbuhan Ekonomi RI Minimal 6 Persen
Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa (tengah) di lokasi Ibu Kota Negara baru di  Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. (Foto: Bappenas)

JAKARTA, iNews.id - Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa, mengatakan pertumbuhan ekonomi minimal harus sebesar 6 persen, jika Indonesia igin mencapai target menjadi negara maju pada 2045.  

Terkait dengan itu, lanjutnya, perlu upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi mencapai 6 persen, mengingat pandemi Covid-19 telah membuat pertumbuhan ekonomi nasional terkoreksi pada 2020, bahkan berdampak hingga beberapa tahun ke depan. 

"Kalau kita ingin mencapai target (menjadi negara maju 2045, Red), setidaknya Indonesia harus bisa tumbuh 6 persen agar tergraduasi dari middle income trap (negara berpenghasilan menengah, Red) sebelum 2045," ujar Suharso dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat secara virtual, Kamis (29/4/2021). 

Dia menjelaskan, realisasi pertumbuhan ekonomi minimal 6 persen setiap tahun, hanya dapat dicapai dengan akselerasi transformasi ekonomi di segala lini. 

Dengan rata-rata pertumbuhan ekonomi yang hanya sebesar 5 persen per tahun, Suharso menilai, cita-cita Indonesia untuk jadi negara maju di 2045 tidak akan tercapai. 

"Tanpa adanya redesign transformasi ekonomi, apabila pertumbuhan ekonomi kita hanya 5 persen bahkan hitungan sederhana kita, pada 2045 kita belum graduasi dari middle income trap," kata Suharso. 

Bappenas juga mencatat, 2022 akan menjadi tahun kunci pemulihan ekonomi nasional setelah pada 2020 terkoreksi. 

"Sasaran pertumbuhan ekonomi Indonesia 2022 adalah 5,4 persen dan 6 persen tentu ini dengan perhitungan fiskal yang konservatif saya kira mungkin bisa 5,2 persen sampai 5,8 persen dengan tingkat kehati-hatian yang tinggi," ujar Suharso.

Dengan basis pertumbuhan yang tinggi di 2022, diharapkan pada 2036 Indonesia dapat keluar dari jeratan middle income trap, dan melesat menjadi negara maju di 2045.

Suharso mengungkapkan, Indonesia akan beriringan dengan negara-negara ASEAN lainnya untuk lolos dari jebakan negara berpengaruh menengah, seperti Filipina dan Vietnam. 

"Kita juga tertantang dengan negara sekitar kita, di mana Filipina pada 2037 dan Vietnam 2043 akan segera melepaskan diri dari middle income trap," tutur Suharso.

Editor : Jeanny Aipassa